×
STUDILMU Career Advice - Optimisme, Melihat Hal Baik di Berbagai Kendala
Self Improvement

Optimisme, Melihat Hal Baik di Berbagai Kendala

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu Optimisme?
Optimisme adalah sikap mental yang ditandai dengan harapan dan keyakinan akan kesuksesan dan masa depan yang positif. Optimis adalah mereka yang mengharapkan hal baik terjadi, di mana pesimis malah memprediksi hasil yang tidak menguntungkan. Sikap optimis terkait dengan sejumlah manfaat, termasuk keterampilan mengatasi masalah / kendala dengan  lebih baik, tingkat stres yang lebih rendah, kesehatan fisik yang lebih baik, dan ketekunan yang lebih tinggi saat mengejar tujuan.
Optimis cenderung melihat kesulitan sebagai pengalaman belajar atau kemunduran sementara. Bahkan di hari yang paling menyedihkan pun, mereka akan memiliki perspektif bahwa "besok mungkin akan lebih baik".
Jika Anda selalu melihat sisi yang lebih cerah dari segala sesuatu, Anda mungkin merasa bahwa Anda mengalami lebih banyak peristiwa positif dalam hidup Anda daripada orang lain, tidak terlalu stres, dan bahkan menikmati manfaat kesehatan yang lebih besar. Bagaimana cara menjadi orang yang optimis? Lihatlah tips-tips berikut ini:


1.    Buatlah mantra positif

Orang-orang banyak menjalani hari-hari dengan memberi diri Anda sendiri pesan-pesan negatif yang bahkan mungkin tidak Anda sadari, meyakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda “tidak cukup baik”, “tidak cukup pintar” atau “tidak cukup menarik”. Untuk mulai berpikir lebih positif, Anda perlu mengubah pesan-pesan ini. Cobalah untuk mengganti pikiran negatif yang muncul di kepala Anda menjadi pesan positif. Tuliskan mantra positif ini dan ulangi setiap hari sampai menjadi kebiasaan sehari-hari Anda.


2.    Fokus pada kesuksesan Anda

Untuk mulai berpikir lebih positif tentang diri sendiri, Anda perlu secara teratur mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah Anda capai atau yang akan Anda dapatkan. Renungkan pencapaian masa lalu Anda, dan mulailah untuk benar-benar menghargai kesuksesan Anda dan apa yang akan Anda ingin gapai.


3.    Carilah Role Model

Jika Anda ingin menjadi seorang yang optimis, carilah panutan yang positif yang dapat membantu. Baik itu kolega, teman dekat, atau bahkan selebritas yang sifatnya dapat Anda tiru dengan pencapaiannya yang baik pula.

 

Featured Career Advice