×
STUDILMU Career Advice - Pengertian dan Manfaat Positive Thinking, serta Bagaimana Ini dapat Mengubah Hidup Kita?
Mindset

Pengertian dan Manfaat Positive Thinking, serta Bagaimana Ini dapat Mengubah Hidup Kita?

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pengertian Positive Thinking

Ada perbedaan kecil yang cukup signifikan pada diri setiap orang, dan perbedaan kecil itu dapat menjadi perbedaan yang cukup besar. Sedikit perbedaan tersebut adalah cara berpikir dan sikap. Cara berpikir dan sikap inilah yang membedakan seseorang memiliki sikap positif atau negatif. Arti positive thinking sebenarnya sangat sederhana. Memang benar bahwa ada dua cara utama dalam berpikir yaitu, positive thinking atau negative thinking. Sebelum rekan-rekan Career Advice membaca artikel ini lebih lanjut, mari kita simak pengertian positive thinking terlebih dahulu. Positive thinking adalah suatu sikap mental yang membuat kita berharap untuk mendapatkan hasil yang baik, bahkan terbaik dan menguntungkan. Ciri-ciri positive thinking di antaranya adalah selalu bersikap tenang, berpikir positif, tidak mudah khawatir dan selalu berusaha untuk bersikap bijak dalam menghadapi ujian kehidupan. 
 
Dengan kata lain, positive thinking artinya proses dalam menciptakan pikiran yang baik dan mengubah energi positif menjadi suatu kenyataan. Nah, dari arti positive thinking kita sudah bisa memahami bagaimana cara berpikir positif dapat memberikan rasa optimis dalam menghadapi suatu keadaan yang mungkin tidak menyenangkan. Intinya, kekuatan positive thinking dapat menciptakan kebahagiaan, kesehatan, serta ketenangan lahir dan batin dalam menghadapi situasi apapun. 
 
Menurut website very well mind dot com, ada banyak manfaat positive thinking yang perlu kita ketahui. Salah satu tujuan untuk mengetahuinya adalah agar kita semua semakin yakin dan percaya diri untuk terus berpikir positif dalam menjalani kehidupan, karena sebenarnya ketenangan dan keberhasilan kita dalam menghadapi kehidupan yang rumit ini dapat ditentukan dari bagaimana cara berpikir dan bersikap kita merespon hal-hal kecil maupun besar. 
 
Pada artikel kali ini, kami mengajak rekan-rekan Career Advice untuk mengetahui dan memahami manfaat positive thinking serta bagaimana positive thinking dapat mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

Manfaat Positive Thinking

 

1. Positive Thinking Membantu Mengatasi Stres dengan Lebih Cepat dan Lebih Efektif.

Stres adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dihindari. Perubahan yang terjadi dengan sangat cepat, kejadian yang datang tanpa sesuai harapan, atau kegagalan yang menghampiri setelah berjuang habis-habisan, hal-hal tersebut dapat memicu timbulnya perasaan stres dengan sangat cepat. Namun, positive thinking dapat menurunkan bahkan menghilangkan perasaan stres yang datang menghampiri kehidupan kita.
 
Orang-orang dengan positive thinking akan berusaha sekuat tenaga untuk berkonsentrasi terhadap penyelesaian masalah daripada menyesali keadaan seakan-akan dirinya lah yang paling menderita. Orang-orang yang selalu positive thinking, hidupnya akan selalu bahagia karena mereka tidak mempedulikan pikiran negatif yang mencoba mengganggu pikiran mereka.
 
Hasil riset menunjukkan bahwa ketika seseorang bersikap optimis dan mempertahankan positive thinking dalam menghadapi keadaan yang mengecewakan, mereka cenderung lebih fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk menyelesaikan situasi tersebut. Dengan kata lain, mereka tidak memikirkan hal-hal yang tidak dapat mereka ubah, namun fokus pada hal-hal apa yang mereka bisa lakukan. Mereka langsung menyusun rencana tindakan, meminta bantuan dan nasihat bijak dari orang-orang terpercaya. 
 

2. Positive Thinking Membantu Kita Membina Hubungan Baik dengan Sesama.

Positive thinking akan membantu kita untuk terjauhkan dari perasaan “baper” atau bawa perasaan yang ujung-ujungnya membuat kita menjadi pribadi yang terlalu sensitif. Kenyataannya, tidak semua orang yang kita jumpai akan bersikap ramah seperti apa yang kita lakukan kepada orang lain. 
 
Bisa saja saat kita ingin berkenalan, orang tersebut terlihat cuek atau memperlihatkan wajah masamnya kepada kita. Namun, dengan mempertahankan positive thinking dalam pikiran kita, semua faktor eksternal yang dapat membuat hati dan perasaan menjadi sedih akan segera terlewatkan begitu saja. Kita akan lebih mudah membina hubungan baik dengan sesama, tanpa perasaan curiga, was-was atau perasaan negatif lainnya.
 
Fakta lain membuktikan bahwa orang-orang akan lebih tertarik dan suka bergaul dengan orang-orang dengan positive thinking yang kuat. Itulah sebabnya, orang-orang yang ber-positive thinking cenderung memiliki kehidupan sosial yang lebih aktif daripada orang lain. 
 

3. Positive Thinking Membuat Kita Menjadi Lebih Percaya Diri.

Positive thinking akan mendorong para individu untuk mencintai dan menghargai diri mereka apa adanya. Dengan begitu, mereka akan menjadi individu yang lebih percaya diri, tanpa harus menjadi orang lain. Positive thinking akan membuat setiap orang tersadar bahwa Tuhan menciptakan mereka dengan kelemahan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain, sehingga mereka menjadi makhluk yang unik tanpa harus iri dan dengki dengan sesama. 
 

4. Positive Thinking Membuat Kita Menjadi Lebih Fokus dan Konsentrasi.

Menjaga dan mempertahankan positive thinking dalam diri kita akan membuat kita tersadar bahwa setiap permasalahan yang datang bukanlah akhir dari kehidupan ini. Semuanya tergantung dengan bagaimana sikap kita dalam merespons atau menyikapi setiap permasalahan yang ada. 
 
Positive thinking akan membimbing kita menjadi individu yang tidak mudah khawatir atau ketakutan yang berlebih dalam menghadapi masalah. Dengan begitu, positive thinking akan menjadikan kita sebagai individu yang lebih fokus dan konsentrasi terhadap hal-hal penting.
 

5. Positive Thinking Membantu Kita untuk Memiliki Kesehatan yang Lebih Baik.

Bukan hanya pikiran saja yang menjadi lebih tenang, namun kesehatan juga akan stabil dan semakin membaik. Fakta memiliki bukti-bukti bahwa para individu dengan positive thinking yang kuat cenderung hidup lebih lama atau panjang umur, dibandingkan mereka yang hidupnya selalu dihantui dengan negative thinking. 
 

6. Positive Thinking Membantu Kita Menjadi Lebih Sukses dalam Hidup.

Kegagalan? Hmm, bagi mereka dengan positive thinking yang tinggi, kegagalan hanyalah pintu peluang kesuksesan lain atau seperti “batu loncatan” untuk membawa mereka kepada kesuksesan yang diinginkan. Orang-orang dengan positive thinking cenderung menjauhi kesedihan pada kegagalan yang mereka alami. Namun, mereka akan fokus pada peluang-peluang emas lainnya. 
 
Dalam hal ini, positive thinking akan menjadikan mereka sebagai individu yang terbuka untuk belajar dan mencoba sesuatu hal yang baru. Itulah sebabnya mereka menjadi lebih sukses dalam karier mereka.
 

7. Positive Thinking Membantu Kita untuk Memiliki Kehidupan yang Lebih Bahagia.

Positive thinking dan kebahagiaan seakan-akan menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Sudah menjadi rahasia umum, jika seseorang selalu berpikir positif, orang tersebut cenderung merasa bahagia setiap saat. Layaknya hukum tarik-menarik, orang-orang dengan positive thinking juga akan mendapatkan hal-hal positif yang membahagiakan dalam hidupnya. Ketika individu berterima kasih dan bersyukur atas semua hal yang dimilikinya, maka dirinya akan mendapatkan hal yang lebih banyak lagi. Yuk, menjadi lebih bahagia dengan memiliki positive thinking mulai dari sekarang. 
 
Sekarang, kita sudah mengenal dan memahami beberapa manfaat positive thinking dalam kehidupan. Lantas, apakah positive thinking dapat mengubah hidup kita? Jawabannya, tentu saja bisa! Mari simak penjelasan berikut ini.
 

Bagaimana Positive Thinking dapat Mengubah Hidup Kita?

Selama bertahun-tahun banyak penelitian yang dilakukan tentang efek positive thinking yang menghasilkan kata-kata positif thinking serta ketentraman hidup. Begitu juga sebaliknya, efek negatif mengubah pikiran kita menjadi negatif. Salah satu contoh positive thinking yang dapat mengubah hidup kita adalah seseorang tidak merasa putus asa atau berpikir negatif ketika kegagalan secara terus menerus menghampirinya. Individu tersebut terus merasa optimis dan menjaga positive thinking-nya. Ketika persiapan matang yang dimilikinya bertemu dengan peluang emas, maka kesuksesan tidak bisa pergi lagi dari kehidupannya. Ini baru satu contoh positive thinking yang dapat mengubah hidup kita dari seorang yang gagal menjadi orang yang sukses.
 
Nah, contoh-contoh positive thinking di bawah ini perlu kita miliki agar positive thinking dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik. 
- Positive thinking membantu kita memiliki lebih banyak energi.
- Positive thinking meningkatkan keyakinan kita pada kemampuan yang dimiliki agar dapat meraih masa depan yang lebih cerah. 
- Positive thinking membuat kita merasa selalu terinspirasi. 
- Positive thinking membuat kita mendapatkan rasa hormat dan cinta dari orang-orang di sekitar. 
- Positive thinking menjadikan kita individu yang tidak pantang menyerah
- Positive thinking akan membuat kita berani untuk menghadapi segala hambatan dan kesulitan yang ada. 
- Positive thinking memudahkan kita untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain. 
- Terakhir, positive thinking memudahkan kita untuk melacak peluang-peluang baik di dalam hidup. 
 
Sudah jelas bahwa positive thinking bukan hanya cara yang bagus untuk menjalankan kehidupan, namun positive thinking juga menjadi solusi terbaik untuk mengubah hidup kita menjadi lebih berarti. Jadi, apakah rekan pembaca sudah semakin yakin untuk terus menjaga positive thinking Anda? Jika sudah, semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice