×
STUDILMU Career Advice - Perbedaan Training dan Coaching
Coaching

Perbedaan Training dan Coaching

STUDILMU Users By Susanti Yahya

Dalam mengembangkan talent, kita mengenal training. Apakah rekan pembaca pernah mendengar pengertian training sebelumnya? Training adalah suatu proses pelatihan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membentuk suatu kemampuan dalam meraih tujuan tertentu di dalam organisasi atau perusahaan. Pada artikel kali ini, kita juga akan membahas tentang pengertian coaching. Coaching itu apa ya kira-kira? Coaching adalah melatih, mengajar, menginstruksikan, memberikan saran kepada anggota tim atau seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.
 
Lantas, apa perbedaannya dengan coaching? Bagaimana coaching bisa saling melengkapi dengan training? Apa pula perbedaan coaching dengan pendekatan-pendekatan pengembangan kinerja karyawan lainnya, seperti mentoring, konsultasi, dan konseling? Untuk itu mari kita bahas satu per satu.
 

Training

Untuk membandingkan coaching dengan training, pertama kita bisa melihatnya berdasarkan materi. Dalam training, materi yang diberikan biasanya seragam. Tanpa membedakan keragaman kebutuhan pesertanya, materi training biasanya sama untuk semua. Seorang trainer akan berperan sentral dalam proses ini dan menitik beratkan pada isi (content) materi yang diajarkannya. Tak mengherankan bila training terkadang tidak bisa menjawab seluruh kebutuhan pesertanya. Berbeda dengan training, pendekatan coaching biasanya bersifat privat dan tidak untuk disebarluaskan. Jika materi training umumnya diberikan sama secara massal, materi coaching biasanya berbeda antara satu kasus dengan lainnya.
 
Perbedaan yang ke dua antara training dan coaching berkaitan dengan metodenya. Training merupakan gabungan mengajar, mendidik dan melatih seseorang untuk mendapatkan knowledge dan skill baru. Umumnya metode yang dikenal peserta dan digunakan dalam training biasanya ceramah satu arah: trainer bicara, peserta mendengarkan. Di sini praktik training sering diidentikkan dengan pengajaran (teaching). Meski seringkali satu arah, pada training dengan peserta dewasa, seharusnya ceramah bisa berlangsung dalam dua arah. Ceramah ditanggapi dengan pengalaman peserta, sehingga trainer menyesuaikan materinya menurut pengalaman peserta. Pada kondisi tertentu di mana materi menuntut praktik, trainer mesti melakukan demonstrasi atau peragaan di depan peserta training, atau memandu peserta untuk mempraktekkan skill yang diharapkan untuk dimiliki peserta. Itu sebabnya seorang trainer seharusnya memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dibandingkan peserta.
 
Berbeda halnya dengan coaching. Dalam coaching, coach lebih banyak menggunakan pertanyaan, karena Coaching merupakan “The art of asking question”. Coach menggunakan kemampuannya untuk bertanya sehingga coachee mampu menemukan akar permasalahannya dan memunculkan solusinya sendiri. Coachee dianggap sesungguhnya sudah memiliki kemampuan yang memadai, sehingga coach tidak perlu membekalinya dengan pengetahuan teknis tambahan. Masalahnya lebih terkait dengan masalah psikologis seperti motivasi. Coaching jauh lebih personal dibandingkan training. Coaching membutuhkan pembangunan kedekatan dengan coachee, untuk mempermudah prosesnya. Karena itu dalam membangun suasana, coaching umumnya dibuka dengan pertanyaan atau obrolan ringan seputar keseharian coachee. Sedangkan training dapat diberikan oleh trainer yang tidak dikenal peserta sebelumnya.
 
Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seorang coach perlu membekali dirinya dengan berbagai keterampilan yang mempererat relasi dengan coachee. Di antaranya terkait dengan kecerdasan emosi, teknik Neuro Linguistic Programming (NLP), dan teknik coaching itu sendiri. Tak mengherankan bila pendekatan coaching lebih efektif dalam mempertahankan karyawan dibandingkan training. 
 
Berikut adalah perbedaan trainer dan coach.

Trainer

  • Transfer pengetahuan.
  • Memberi tahu apa yang harus dilakukan. 
  • Ada sejenis kurikulum awal dan guru/trainer tidak memilih apa yang diperkirakan penting bagi peserta didiknya. 
  • Mengharapkan hasil yang sudah ditentukan sebelumnya. 
  • Seringkali dilakukan dalam kelompok.

Coach

  • Menggali pemahaman dan solusi.
  • Membantu pemisahan antara perasaan dan fakta.
  • Menyampaikan pertanyaan dan mendengar dengan penuh perhatian.
  • Memfasilitasi rencana tindakan untuk mencapai tujuan.
  • Memberi ruang bagi individu untuk menentukan agenda dan iramanya secara eksklusif.
  • “Mendampingi” coachee, membantu meraih goalnya sendiri.
  • Memancing kesadaran tanggung jawab individu terhadap kesuksesannya sendiri.
  • Lebih sering berupa sesi “satu lawan satu” secara individual.
Jika ingin menyelenggarakan training Coaching, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com
 

Featured Career Advice