×
STUDILMU Career Advice - Pikiran Positif dan Tingkat Stres
Self Improvement

Pikiran Positif dan Tingkat Stres

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa Itu Berpikir Positif?
"Kebanyakan orang bahagia adalah seperti yang mereka pikirkan." - Abraham Lincoln


Mungkin Anda berpikir bahwa berpikir positif adalah bagaimana Anda dapat melihat sesuatu dengan hal yang baik tetapi mengabaikan aspek negatif kehidupan. Jika Anda berpikir seperti ini, Anda salah! Berpikir positif yang sebenarnya adalah jika Anda dapat menghadapi tantangan hidup dengan pandangan yang lebih positif.
Berpikir positif tidak berarti selalu menghindari atau mengabaikan hal-hal buruk, alih-alih itu melibatkan memanfaatkan situasi yang berpotensi buruk, mencoba melihat yang terbaik dari orang lain, dan memandang diri sendiri dan kemampuan Anda secara positif.


Dalam prosesnya, pemikiran positif memang sulit dilakukan apabila Anda sedang berada di dalam situasi tertentu, tetapi hal ini bisa dikembangkan dengan cara dilatih, karena proses pemikiran ini bisa menjadi suatu bentuk kebiasaan yang dapat melekat di kehidupan sehari-hari
Melihat perspektif yang lebih baik sangat diperlukan apabila Anda merasa terkepung oleh banyak hal yang membuat Anda stres. Dengan berpikiran positif, Anda dapat melakukan pengaturan diri sendiri.  

Kegunaan dari Berpikir Positif
Berpikir positif sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda apalagi untuk kesehatan Anda, karena secara tidak langsung pikiran positif membuat perasaan Anda menjadi nyaman dan mengurangi tingkat stres secara langsung.
Sebuah studi baru-baru ini melibatkan 70.000 wanita dari tahun 2004 hingga 2012 dan menemukan bahwa mereka yang optimis memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah dari beberapa penyebab utama kematian, termasuk:
-    Penyakit jantung
-    Stroke
-    Kanker, termasuk kanker payudara, ovarium, paru-paru, dan kolorektal
-    Infeksi
-    Penyakit pernapasan


Manfaat lain yang terbukti dari berpikir positif meliputi:
-    Kualitas hidup yang lebih baik
-    Tingkat energi yang lebih tinggi
-    Kesehatan psikologis dan fisik yang lebih baik
-    Pemulihan lebih cepat dari cedera atau penyakit
-    Tingkat depresi yang lebih rendah
-    Manajemen stres dan keterampilan mengatasi stres yang lebih baik
-    Rentang hidup lebih lama
Berpikir positif bukanlah keajaiban dan tidak akan membuat semua masalah Anda hilang. Apa yang akan dilakukan adalah membuat masalah tampak lebih mudah dikelola dan membantu Anda menghadapi kesulitan dengan cara yang lebih positif dan produktif.

 

Featured Career Advice