×
STUDILMU Career Advice - Punya Waktu Luang? Lakukan 6 Hal Produktif Ini
Productivity

Punya Waktu Luang? Lakukan 6 Hal Produktif Ini

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Bukan rahasia - kita semua suka berada di tempat tidur. Ini adalah tempat utama relaksasi, di mana Anda benar-benar bebas dari tekanan hari itu. Cobalah memaksimalkan waktu di sana, berlama-lama selama beberapa menit setiap pagi sebelum bekerja. Tempat tidur Anda bukan hanya tempat untuk menunda atau menonton film secara maraton. Anda dapat dengan mudah mengubah kiblat relaksasi menjadi tempat peningkatan diri, produktivitas, dan kesuksesan. Cobalah salah satu cara ini untuk memanfaatkan waktu Anda di tempat tidur.

1. Tingkatkan Kesehatan Anda

Mengambil napas dalam-dalam beberapa kali bisa menjadi cara sempurna untuk menghilangkan stres dan meremajakan sel-sel Anda untuk hari berikutnya yang produktif. Latihan pernapasan dalam telah terbukti memiliki dampak kesehatan mental dan fisik yang positif. Mereka dapat merangsang sistem limfatik, sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi kelelahan, serta mengurangi stres dan kecemasan. Semua dimulai dari kenyamanan tempat tidur Anda sendiri!
 
Untuk memulai, para ahli menyarankan untuk terlebih dahulu menghembuskan napas yang tersisa di paru-paru Anda sehingga Anda dapat mengambil nafas sedalam mungkin. Kemudian, hirup melalui hidung Anda selama tiga detik, tahan selama tiga detik, dan hembuskan selama enam detik. Ulangi setidaknya tiga kali, lalu bersiaplah untuk memetik manfaatnya.
 

2. Tuangkan Isi Hati Anda

Tentu, Anda pasti pernah menulis jurnal singkat tentang setiap hal ketika masih remaja, tetapi penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal merupakan hal yang berguna bagi orang dewasa untuk meningkatkan produktivitas Anda.
 
Semua pikiran sial Anda dari hari itu dapat mencegah Anda mencapai relaksasi sejati saat berada di kenyamanan tempat tidur Anda. Tetapi dengan menuliskan pemikiran batin Anda dalam jurnal sebelum Anda mengangguk, Anda dapat memantapkan ingatan Anda, menangkap ide-ide kreatif yang sekilas itu, dan menjernihkan pikiran Anda untuk berpikir lebih mendalam.
 
Pendekatan lain? Tulis hal pertama di pagi hari. Salah satu metode merekomendasikan Anda untuk menulis 750 kata ketika Anda pertama kali bangun. Ini memungkinkan Anda untuk menjernihkan pikiran, sehingga Anda dapat fokus pada hal yang paling penting untuk hari itu. Simpan saja pena dan kertas di samping tempat tidur Anda, dan jurnal di tempat tidur adalah salah satu cara yang pasti untuk meningkatkan kekuatan otak Anda sepanjang hari.
 

3. Buat Perencanaan ke Depan

Para ahli merekomendasikan menggunakan perencana mingguan untuk mendapatkan pemikiran, tugas, dan jadwal Anda yang terorganisir. Jadi pada pagi hari itu ketika Anda belum ingin bangun dari tempat tidur, buatlah perencanaan di atas kertas atau ambil komputer Anda, dan habiskan beberapa menit tambahan di bawah selimut yang mengatur waktu Anda selama beberapa hari atau minggu berikutnya.
 
Jadwalkan hal yang harus dilakukan ke dalam kalender Anda, idealnya pada waktu dan tempat tertentu sehingga Anda dapat meminta pertanggungjawaban Anda sendiri. Dan jangan hanya memblokir waktu untuk rapat dan tugas-tugas konkret, luangkanlah waktu untuk menetapkan tujuan, memfokuskan kembali, dan bahkan mengatur ulang otak Anda di antara hal-hal lain yang harus Anda lakukan.
 

4. Membaca

Tidak perlu malu untuk meringkuk dengan buku sebelum tidur. Satu studi menunjukkan bahwa membaca fiksi meningkatkan empati Anda dan membantu Anda bergaul lebih baik dengan tim Anda di tempat kerja. Peningkatan pemikiran analitis dan ingatan juga didapatkan dari membaca.
 
Tidak seperti saat Anda menonton film yang menegangkan, membaca sebelum tidur akan membantu Anda masuk ke dalam pikiran santai yang Anda inginkan sebelum tertidur, sehingga Anda dapat bangun dan berfungsi secara produktif di pagi hari.

5. Bersihkan Kepala Anda dengan Meditasi

Cobalah untuk melakukan meditasi dan tidur. Anda akan mendapatkan manfaat yang besar dari beberapa menit meditasi seperti mengurangi stres dan kecemasan, peningkatan fokus jangka panjang dan juga membuka pusat-pusat kreatif yang tidak diketahui dalam pikiran Anda. Jadi itu pantas untuk dicoba.
 
Anda tidak perlu bangun dari tempat tidur. Yang harus Anda lakukan adalah hanya merasa nyaman, dan gunakan lima, 10, atau 20 menit meditasi sebelum melompat dari tempat tidur Anda. Ini adalah cara yang tepat untuk membersihkan kepala Anda dari setiap pikiran negatif. Ini akan membawa Anda untuk memulai perbaikan diri, kesuksesan, dan produktivitas.

6. Berpelukan

Berpelukan dan meringkuk dengan bantal di tempat tidur Anda mungkin tampak seperti tidak ada hubungannya dengan produktivitas, tetapi sebenarnya ada manfaat mengejutkan yang dapat langsung menghubungkan keberhasilan Anda di kantor. Berpelukan akan melepaskan hormon yang disebut oxytocin, yang membuat Anda merasa baik dan terhubung dengan orang lain. Selain itu, berpelukan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan stres, dan bahkan menurunkan risiko penyakit jantung. Semua manfaat ini mengarah pada tubuh dan pikiran yang lebih sehat, yang hanya membuat Anda sukses. Peluklah bantal Anda dan meringkuk lah!
 
Jika Anda merasa bersalah karena menghabiskan waktu berjam-jam di tempat tidur Anda, ingatlah kiat-kiat ini dan lakukankanlah. Seperti kata pepatah, tanpa gelap tidak ada cahaya. Begitu juga hubungan antara produktivitas dan relaksasi. Anda harus memiliki keduanya untuk karier dan kehidupan yang sukses!

Featured Career Advice