×
STUDILMU Career Advice - Selamat Tahun Baru. 3 Aktivitas Penting Menjelang Akhir Tahun.
Self Improvement

Selamat Tahun Baru. 3 Aktivitas Penting Menjelang Akhir Tahun.

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Selamat tahun baru untuk Anda. Kita hanya memiliki beberapa hari tersisa pada tahun 2018. Tahun baru merupakan awal yang segar. Ketika Anda bangun pada tanggal 1 Januari, Anda mungkin tidak terlalu ingin memikirkan akan hal yang dapat dan seharusnya Anda lakukan yang membuat Anda menjadi lebih baik dari tahun lalu. Anda masih punya waktu! Baik itu proyek besar yang ingin Anda dapatkan atau kebiasaan kecil yang ingin Anda ubah, Anda dapat memasuki tahun baru dengan perasaan menang.
 
Untuk membuat kemajuan dengan meraih kemenangan kecil, berikut adalah tiga tantangan umum yang dapat Anda kuasai sebelum tahun ini berakhir. Lalu, ketika tahun baru datang, Anda akan berada jauh di depan dan siap untuk menangani serangkaian resolusi baru.
 

1. Hentikan Kotak Masuk Anda

Ketika Anda mendengar “ding”, Anda akan langsung menanggapi pesan tersebut secara otomatis. Hal ini seperti sebuah dopamine, yaitu jus yang menyenangkan dan memberi Anda kepuasan. Terlepas dari perasaan yang menyenangkan tersebut, ketika Anda terfokus pada kotak masuk, ini membuat Anda menjadi tidak terlalu efektif dalam pekerjaan Anda. Anda terus-menerus memeriksa dan menanggapi pesan. Ini adalah gangguan yang membuat Anda tidak fokus pada tugas dan prioritas yang lebih besar.
 
Kabar baiknya adalah, ada beberapa langkah cepat yang dapat Anda ambil untuk menghentikan kebiasaan ini.
 

- Periksa Email Anda Hanya pada Waktu-waktu tertentu dalam Sehari

Di awal hari, tentukan waktu untuk memeriksa email Anda, mungkin satu kali di pagi hari, satu kali di tengah hari, dan satu kali sebelum Anda pulang.
 

- Mematikan Pemberitahuan Email Anda

Daripada membiarkan pemberitahuan email baru mengganggu pekerjaan Anda, cobalah untuk mematikan internet. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas yang ada. Pada dasarnya, kotak masuk Anda adalah tempat orang lain dapat mengirim prioritas, masalah, dan tuntutan mereka untuk waktu Anda. Jadi, ketika Anda mendasarkan hari kerja Anda pada email Anda, Anda membiarkan orang lain mengontrol waktu Anda. Setelah Anda menyadari itu, Anda akan jauh lebih mudah memprioritaskan hal-hal yang penting, bukan setiap hal yang berdatangan di kotak masuk Anda.

2. Berhentilah Tidak Menyukai Hari Senin

Banyak orang tidak menyukai hari Senin dan berpendapat bahwa Senin adalah hari terburuk dalam seminggu. Akhir pekan berlalu, dan Anda membutuhkan lima hari lagi sebelum akhir pekan lainnya datang. Jadi, sebagian besar jam kerja dihabiskan untuk mengeluh tentang betapa buruknya hari itu. Masalahnya, membenci hari Senin sebenarnya tidak mengubah apapun untuk membuatnya lebih baik. Sebaliknya, hari Senin justru menawarkan peluang besar jika Anda menjalaninya dengan cara yang benar. Dapatkan kembali kendali atas hari Senin Anda dengan tiga langkah ini:
 

- Buatlah Rencana yang Jelas untuk Minggu Ini

Awal minggu adalah kesempatan yang sempurna untuk membuat pemetaan hal yang ingin Anda capai dalam lima hari ke depan. Jadi, luangkan Senin pagi Anda untuk mengidentifikasi prioritas utama Anda. (Langkah ini penting untuk membantu Anda meninggalkan pekerjaan tepat waktu dan merasa senang dengan pekerjaan yang Anda capai!).
 

- Visualisasikan Jumat

Setelah Anda memiliki rencana untuk minggu ini, bayangkanlah hari Jumat yang akan Anda lalui. Anda mungkin telah menyusun beberapa rencana untuk menghabiskan “happy hour” bersama teman-teman. Ini seharusnya membuat Anda bersemangat untuk berangkat kerja setiap paginya dan ini membantu Anda untuk memiliki minggu yang sangat produktif.
 

- Taruhlah Sesuatu yang Anda Nantikan di Hari Senin 

Mungkin Anda membawa atau membeli makan siang yang lezat. Atau mungkin Anda memiliki pakaian baru untuk dipakai. Mungkin Anda membawa bunga segar ke meja Anda untuk membuat hari itu sedikit lebih ceria. Satu hal yang pasti: Anda akan mengurangi rasa takut akan Senin jika Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan dan Anda nantikan.
 

3. Jangan lagi Melakukan Penundaan

Menunda beberapa tugas kecil sampai besok terlihat baik-baik saja. Besok berubah menjadi minggu depan, dan minggu depan berubah menjadi bulan depan. Dan tiba-tiba, Anda memiliki lebih banyak tekanan, tenggat waktu yang lebih ketat, dan hari-hari yang lebih panjang di kantor.
 
Ketika Anda menunggu hingga menit terakhir untuk melakukan sesuatu, tidak ada waktu untuk bekerja ekstra; biasanya, Anda hanya harus puas dengan hasil menit terakhir. Penundaan membuat pekerjaan Anda biasa-biasa saja.
 
Mengatasi tantangan seperti ini tidak akan memakan waktu hanya satu hari atau satu minggu. Tetapi dengan tiga langkah ini, Anda pasti terbantu untuk tidak lagi melakukan penundaan Anda di akhir tahun ini.
 

- Jadwalkan Prioritas Anda

Ketika Anda mengatakan kepada diri sendiri, “Saya akan melakukan ini besok,” sebenarnya Anda sedang memblokir beberapa waktu di kalender Anda keesokan harinya untuk mengerjakannya. Buatlah penjadwalan tugas dan pekerjaan Anda sesuai tingkatan prioritas yang dimiliki. Penjadwalan menjadikan Anda lebih terstruktur dan Anda memiliki waktu khusus  untuk benar-benar membuat kemajuan yang signifikan.
 

- Melatih Kefokusan Anda

Coba ini: pilihlah tugas yang telah Anda tunda, dan kerjakan selama 20 menit tanpa berhenti. Istirahat sebentar, lima menit, lalu lakukan lagi. Ini akan membantu Anda membentuk kebiasaan baru yang akan, memungkinkan Anda menjadi lebih produktif.
 

- Telepon Teman

Masih tergoda untuk menunda-nunda pekerjaan? Mintalah seorang teman atau kolega untuk meminta pertanggungjawaban Anda. Berikan orang tersebut informasi detail tentang hal yang ingin Anda capai, dan tenggat waktunya. Kemudian, minta dia untuk mengecek pembaruan harian tentang kemajuan Anda. Anda akan jauh lebih termotivasi ketika Anda tahu seseorang mengawasi pekerjaan Anda.
 
Tentu, Anda akan memiliki banyak resolusi di tahun depan. Tapi kenapa harus menunggu? Mulailah dari sekarang. Bayangkanlah perasaan puas yang akan Anda rasakan ketika Anda terbangun pada tahun 2019. Ya, karena Anda mengetahui bahwa Anda telah menguasai tiga hal sederhana ini. Lalu, bagaimana dengan orang lain? Mereka akan kagum dengan begitu banyak kemajuan yang Anda buat dengan sangat cepat di tahun baru! Selamat Tahun Baru!

Featured Career Advice