×
STUDILMU Career Advice - Time Blocking, Meningkatkan Produktivitas dengan Manajemen Waktu
Productivity

Time Blocking, Meningkatkan Produktivitas dengan Manajemen Waktu

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Dilansir dari artikel Business Insider berjudul “Bill Gates and Elon Musk share a daily scheduling habit that helps them tackle their busy routines”, seorang Bill Gates dan Elon Musk yang pastinya memiliki jadwal yang sangat sibuk pun mengggunakan waktunya untuk istirahat sejenak disela-sela kesibukannya. Sediakan waktu setidaknya 5-10 menit jeda untuk beristirahat serta merencanakan pekerjaan selanjutnya setelah pekerjaan selesai. Waktu istirahat sejenak dilakukan untuk mengembalikan kembali produktivitas kerja.

3. Gunakan strategi manajemen waktu harian yang tepat agar tetap konsisten

Setiap orang memiliki strategi manajemen waktu yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan belum tentu satu strategi manajemen waktu seseorang cocok untuk orang lain. Oleh karena itu, temukan strategi manajemen waktu yang cocok untuk diri kita sendiri, sehingga ketika kita nyaman dalam menjalankan manajemen waktu tersebut maka semakin mudah kita untuk konsisten dalam melakukannya dalam jangka panjang.

4. Jangan terlalu berestimasi tinggi

Jangan terlalu optimis bahwa jadwal yang kita buat 100% akan selalu tepat setiap harinya. Para pakar mengatakan bahwa setidaknya 2-3 mungkin kita akan lalai atau tidak sesuai jadwal yang sudah direncanakan karena satu atau dua hal mendadak di pekerjaan.

5. Katakan kepada rekan kerja apa yang sedang kamu kerjakan

Pastikan bahwa rekan kerja di sekitar kita, atau rekan kerja yang berkaitan dengan pekerjaan kita tahu apa yang sedang kita kerjakan, maka ketika kita sedang tidak mengerjakan apapun dapat melakukan kolaborasi dengan rekan kerja kita atau sekedar membantu.

6. Mengevaluasi jika dibutuhkan

Tidak seorang pun bekerja dengan baik dengan sistem yang kaku. Coba untuk lebih serealistis mungkin dalam mengatur jadwal tapi persiapkan untuk hal-hal tidak tidak terduga.

Setelah kita mengetahui time blocking serta langkah dalam menyusun dan tips untuk menjalankannya. Maka semoga time blocking dapat membuat kita menjadi lebih produktif baik di kantor maupun dalam sukses untuk mengembangkan hobi dan aktivitas harian. Oleh karena itu, sudahkah Anda membuat penjadwalan kerja untuk hari ini?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice