×
STUDILMU Career Advice - Komunikasi Bisnis: Verbal & Non-verbal
Communication

Komunikasi Bisnis: Verbal & Non-verbal

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Philip Kolter

Menurut Philip komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.

 

Rosenbalt

Komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide-ide/opini, intruksi dsb, yang dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui simbol dan tanda guna mencapai tujuan perusahaan.

 

William Albig

Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal maupun impersional melalui simbol-simbol atau sinyal.

 

William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty

Proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan simbol-simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

 

Bentuk Komunikasi Bisnis

Bentuk komunikasi bisnis adalah komunikasi verbal dan non-verbal. Bentuk komunikasi bisnis pertama adalah komunikasi verbal, yaitu komunikasi yang dilakukan melalui lisan dan tulisan, baik itu bicara dengan langsung tatap muka maupun dengan perantara lisan. Perhatikan ilustrasi berikut ini:

Di suatu ruangan kantor, terdapat dua orang yang salah satunya ingin menyampaikan pesan kepada orang kedua. Orang yang akan menyampaikan pesan disebut dengan komunikator dan orang yang menerima pesan disebut komunikan. Orang A sebagai komunikator menyampaikan pesan melalui aplikasi WhatsApp, dan Orang B sebagai komunikan menerima pesan dan menafsirkan pesannya.

Ilustrasi di atas merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang dapat dilakukan melalui tulisan, dan dengan disertai dengan perantara lisan yaitu WhatsApp.

Selanjutnya, bentuk komunikasi bisnis kedua ialah komunikasi non-verbal, yaitu pesan yang disampaikan tidak lagi berbentuk kata, melainkan dengan unsur yang melekat pada diri seperti: bahasa tubuh, intonasi, mimik, hingga hal yang melekat pada diri. Dari jenis kedua ini, orang-orang bisa saling berkomunikasi meskipun dalam keadaan diam atau tanpa kata, juga tanpa perantara alat komunikasi. Maka dari itu, tak sedikit orang yang bilang kalau kita bisa saling berkomunikasi meskipun hanya dalam keadaan diam.

 

10 Pengendalian Diri dalam Komunikasi Bisnis

Diperlukan pengendalian diri agar kita dapat mengomunikasikan pesan dengan baik dan dapat dipahami dengan tepat. Berikut ini adalah 10 pengendalian dalam diri agar komunikasi bisnis dapat berjalalan dengan efektif, yaitu:

1.    Memperhatikan lawan bicara

Hal ini adalah yang terpenting dalam komunikasi. Memang di era milenial sekarang sudah banyak manusia yang mampu untuk multitasking, tetapi jika sebagai pendengar tidak memperhatikan lawan bicara ataupun sebaliknya, maka informasi yang akan diberikan ataupun diterima tidak akan utuh. Minimnya rasa saling menghormati dengan lawan bicara dapat mengakibatkan daya simak yang kurang, dan akhirnya membuat pesan yang disampaikan menjadi tidak sempurna untuk diberikan ataupun diterima.

Featured Career Advice