×
STUDILMU Career Advice - Menyajikan Data Secara Visual Agar Lebih Mudah Dipahami
Productivity

Menyajikan Data Secara Visual Agar Lebih Mudah Dipahami

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Cara Membuat Data Menjadi Visual

Visualisasi data dapat dilakukan dengan menggunakan alat seperti Tableau, Google Charts, DataWrapper, dan masih banyak lagi. Namun, pada umumnya teknik visualisasi yang digunakan adalah menggunakan spreadsheet Microsoft Excel yang digunakan untuk mengubah data atau informasi menjadi tabel, grafik, atau diagram. Microsoft Excel juga memberikan berbagai macam jenis grafik yang dapat kita sesuaikan dengan data yang kita miliki. Oleh sebab itu, artikel ini akan membagikan tutorial membuat grafik dengan menggunakan Microsoft Excel.

 

Langkah-langkah untuk memvisualisasikan data di Excel:

  • Buka Microsoft Excel dan masukkan data atau pilih data yang ingin Anda visualisasikan.
  • Klik pada Tab Insert dan pilih grafik yang Anda inginkan dari daftar Chart yang tersedia atau Anda dapat menggunakan tombol pintas untuk membuat grafik cukup dengan memilih sel di data Excel dan tekan tombol fungsi F11.

  • Grafik dengan data yang dimasukkan dalam lembar Excel akan muncul.
  • Anda dapat mendesain dan menata grafik Anda dengan berbagai jenis gaya dan warna dengan memilih Tab Design. Pada Excel 2010, opsi Tab Design terlihat dengan mengklik grafik.

 

Contoh

Misalkan kita memiliki data target penjualan dan penjualan aktual dari produk A, B, C, dan D seperti tabel berikut ini. Dari data tersebut kita akan membuat grafik excel dalam bentuk grafik.

 

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat grafik:

  • Blok seluruh data yang ingin divisualisasikan dengan cara klik kiri mouse lalu seret kursor Anda ke semua sel yang diinginkan seperti gambar berikut.

  • Selanjutnya kita akan membuat data tersebut menjadi grafik diagram batang dengan cara klik Tab Insert, lalu di bagian Chart klik Column Chart, kemudian pilih model grafik diagram batang yang diinginkan.

  • Sekarang data berubah menjadi grafik diagram batang.

 

Terdapat cara untuk mempermudah Anda untuk membaca perbandingan nilai antara target penjualan dan penjualan aktual yaitu dengan menggunakan Combo Charts sebagai berikut:

  • Klik kanan mouse pada series actual (grafik yang berwarna merah), kemudian klik Change Series Chart Type.

  • Di dalam Change Chart Types, pilih Line Chart, kemudian pilih Line with Markers. Berikutnya klik OK.

  • Kini grafik pun berubah seperti gambar berikut ini.

 

Bagaimana? Jadi lebih mudah dipahami kan? Jadi dengan kita menyajikan data yang kita miliki ke dalam bentuk visual akan mempermudah penerima informasi untuk memahami informasi yang diberikan karena pada dasarnya manusia lebih mudah memproses data visual lebih baik daripada jenis data lainnya.

 

 

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/what-is-data-visualization-why-important-seo/288127/#close

https://www.t-sciences.com/news/humans-process-visual-data-better#:~:text=Visualization%20works%20from%20a%20human,to%20the%20brain%20is%20visual.

https://www.techtarget.com/searchbusinessanalytics/definition/data-visualization#:~:text=Data%20visualization%20is%20the%20practice,outliers%20in%20large%20data%20sets.

https://venngage.com/blog/data-visualization/

https://www.geeksforgeeks.org/data-visualization-in-excel/#:~:text=Open%20the%20Excel%20Spreadsheet%20and,press%20the%20F11%20function%20key.

https://www.tutorialspoint.com/excel_data_analysis/excel_data_analysis_visualization.htm

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice