×
STUDILMU Career Advice - Pelatihan Tatap Muka Vs E-learning: Peran HR yang Makin Krusial di Era Digital
E-learning

Pelatihan Tatap Muka Vs E-learning: Peran HR yang Makin Krusial di Era Digital

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Transformasi Metode Pelatihan di Perusahaan

Pengembangan keterampilan karyawan sangat penting untuk pertumbuhan dan kesuksesan bisnisn suatu perusahaan. Setelah melalui proses rekrutmen yang ekstensif, jika suatu organisasi tidak dapat fokus pada pelatihan dan orientasi rekrutmen ke dalam organisasi tersebut, maka mereka akan kehilangan banyak karyawan yang potensial. Program pelatihan dan pengembangan karyawan yang efisien berguna untuk membantu memastikan bahwa organisasi tersebut terus meningkatkan keterampilan karyawannya.

 

Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, hanya kurang lebih dalam waktu satu dekade, karyawan milenial akan mendominasi lebih dari 50% di lingkungan kerja. Sangat penting bagi para pengusaha untuk memahami karakter generasi ini dan mencari cara bagaimana untuk dapat berkesinambungan, melatih dan mengembangkan mereka yang akan meningkatkan kinerja organisasi. Kurangnya loyalitas dan job-hopping adalah stereotip negatif yang mengelilingi karyawan milenial pada umumnya. Pada generasi ini, metode pelatihan yang paling cocok dan disukai adalah pelatihan online yang diikuti oleh pembelajaran mikro dan pelatihan virtual. Hal ini penting sekali untuk para pengusaha ketahui terutama bagi para pengusaha yang sedang merencanakan program pelatihan untuk karyawan milenial dan bahkan metode tersebut sangat berlaku saat ini karena seluruh dunia sedang menghadapi masalah pandemi Covid-19 yang membatasi metode pelatihan tatap muka dan konvensional.

 

Melihat situasi dan kondisi saat ini, para ahli sepakat bahwa bidang pelatihan untuk para karyawan perusahaan mengalami perubahan secara dramatis, terlebih lagi di masa-masa terbatas ini. Dimana sistem pelatihan penting sekali untuk dapat beradaptasi dengan pekerjaan jarak jauh dan karyawan generasi millenial serta kebutuhan mereka untuk terus belajar.

 

Globalisasi, kecepatan, dan kompleksitas yang terjadi saat ini menghadirkan tantangan unik yang memengaruhi seluruh bisnis Anda. Untuk beradaptasi, Anda memerlukan strategi yang radikal dan berpikiran maju untuk pembelajaran, pengetahuan, dan manajemen kinerja. Strategi transformasi pembelajaran adalah bagian penting dari program transformasi digital Anda.

 

Apa Itu Transformasi Metode Pelatihan?

Transformasi pelatihan berarti berpindah dari pola pikir pelatihan ke budaya pelatihan berkelanjutan yang semakin maju mengikuti perkembangan zaman, yang mendorong perubahan perilaku dari waktu ke waktu. Transformasi pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kreativitas seseorang atau beberapa orang, proses berjalannya pembelajaran atau pelatihan tersebut, konten atau isi materi, dan juga sistem yang berjalan dalam pelatihan tersebut. Ini adalah elemen penting yang akan mendukung dan akan membentuk strategi yang kuat untuk perubahan jangka panjang dalam transformasi metode pelatihan.

 

Namun proses berkelanjutan tersebut tetap harus dilakukan secara hati-hati, guna menyeimbangkan kebutuhan pelajar dan atau karyawan Anda dan juga bisnis Anda. Agar transformasi metode pelatihan tersebut berhasil sesuai tujuan, Anda juga perlu menyesuaikan pembelajaran Anda secepat perkembangan bisnis Anda. Anda perlu melakukan perhitungan yang kuat, survei beberapa data yang dibutuhkan terkait dengan metode pelatihan apa yang diinginkan dan yang sesuai untuk bisnis Anda.

 

 

Sumber:

  1. https://pqm.co.id/pelatihan-tatap-muka-vs-e-learning-peran-hr-yang-makin-krusial-di-era-digital/
  2. https://www.sqorus.com/en/corporate-training-a-transformation-in-progress/
12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice