×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain untuk Bekerja Lebih.
Self Improvement

4 Cara Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain untuk Bekerja Lebih.

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa yang Dimaksud dengan “Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain”? 

Pertama-tama, kita perlu mengetahui apa arti dari “Inspirasi” itu sendiri. Inspirasi adalah ilham, ide atau gagasan yang datang dari pemikiran seorang manusia yang pada akhirnya melekat di dalam jiwa dan hati manusia. Seringkali inspirasi datang dari luar, terutama dari dorongan-dorongan eksternal yang membuat kita merasa lebih terinspirasi dan termotivasi. Selain itu, inspirasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses yang menekan dan merangsang otak manusia untuk berpikir dan bertindak secara kreatif. Inspirasi seperti ini biasanya didapat ketika kita melihat perilaku orang lain jauh lebih kreatif daripada yang kita lakukan, sehingga kita merasa lebih terinspirasi dan juga ingin melakukan hal yang sama atau lebih dari orang tersebut. 

Inspirasi yang kita dapatkan bisa berbentuk ke dalam inspirasi hidup, inspirasi kerja, dan berbagai bentuk inspirasi lainnya. Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan inspirasi di dalam hidupnya. Misalnya, mereka akan berolahraga secara rutin sebelum memulai aktivitas agar bisa mendapatkan inspirasi pagi. Tidak hanya itu, banyak orang yang membeli buku-buku bagus hanya untuk mendapatkan kata-kata inspirasi atau inspirasi quotes. Jika mendapatkan inspirasi itu perlu didapatkan dari orang lain, pertanyaannya “mengapa kita tidak menjadi seorang yang inspirasional saja agar dapat mendorong dan mendukung orang lain untuk bekerja lebih?” Maksudnya, setiap manusia harus saling membantu manusia lainnya agar menjadi para individu yang bersemangat dan selalu termotivasi. 
 
Jika kita merasa bahwa kita adalah seorang yang selalu bersemangat dan sering menemukan kata-kata inspirasional yang mungkin bermanfaat juga untuk orang banyak, maka kita memiliki tugas yang mulia untuk mengajak orang lain agar bersemangat seperti kita. 
 
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana agar kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk bisa bekerja lebih. Ketika kita berhasil mendorong orang lain untuk bekerja lebih, maka kita akan membentuk satu kesatuan yang kuat untuk saling menginspirasi dan memotivasi. Menurut website entrepreneur dot com, ada 4 cara agar kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain, terutama menginspirasi mereka untuk memberikan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. 
 

1. Menginspirasi Orang Lain dari Belakang. 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang yang inspirasional, namun tidak menjadi pusat perhatian orang banyak. Cara yang dilakukan oleh orang-orang ini adalah mendorong dan meyakinkan orang banyak bahwa orang-orang yang mereka semangati bisa menciptakan hasil yang lebih luar biasa dari apa yang mereka bayangkan sebelumnya. 
 
Menginspirasi orang banyak dari belakang bisa dengan menyampaikan kata-kata inspirasi yang positif secara pribadi. Tindakan ini cukup simpel namun sangat berarti, karena tidak banyak orang yang mau memberikan inspirasi kepada orang lain, namun tidak ingin dirinya dikenal oleh banyak orang. Kebanyakan dari kita berusaha menjadi inspirasi untuk individu lain, tapi disisi lain ingin menjadi orang terkenal. 
 
Dalam dunia pekerjaan, seorang pemimpin dapat melaksanakan coaching atau diskusi ringan dengan subordinatnya. Tujuannya adalah memberi subordinatnya inspirasi-inspirasi yang mungkin sebelumnya belum pernah dia dapatkan. Contohnya, menceritakan kisah perjuangan sang pemimpin dari masih menjadi karyawan sampai akhirnya dapat menjadi seorang manajer. Kisah cerita seperti ini akan mendorong motivasi karyawan, karena mereka akan terinspirasi untuk menjadi seperti pemimpinnya. 
 
Ketika seorang karyawan sudah semakin terinspirasi untuk bekerja lebih, maka dia akan membangun kerjasama tim (team building) yang kuat dengan anggota tim lainnya. Kerjasama tim adalah suatu kekuatan kelompok yang hanya bisa dibentuk jika setiap anggota timnya merasa terinspirasi untuk bekerja lebih. Contoh kerjasama dalam tim seperti kerjasama tim dalam organisasi atau perusahaan yang mana setiap anggotanya saling membantu pekerjaan anggota tim yang lain ketika mereka sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan inti masing-masing. 
 

2. Menginspirasi Orang Lain dengan Menjadi Pekerja Keras. 

Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah menjadi inspirasi bagi orang lain dengan menjadi pekerja keras. Ini adalah metode yang sering dilakukan oleh para individu yang kurang memberikan kata-kata inspirasi, namun mereka akan menginspirasi banyak orang dengan aksi, tindakan atau kinerja yang mereka lakukan. Sehingga, orang lain akan menganggap mereka sebagai panutan yang patut untuk dicontoh. Orang-orang seperti ini akan bekerja dengan keras, selalu memenuhi tenggat waktu dengan on time, bekerja dengan teliti, dan meraih pencapaian kerja yang mengagumkan. 

3. Menginspirasi Orang Lain dengan Berbagai Pencapaian yang Luar Biasa. 

Pernahkah rekan-rekan pembaca bertemu dengan seseorang yang sangat inspiratif dengan segala pencapaian yang mereka miliki? Jika pernah, individu tersebut adalah seorang yang layak dikategorikan seperti Wonder Woman. Mereka adalah orang-orang dengan keahlian dan keterampilan yang sangat luar biasa, sehingga jumlah pencapaian dan prestasi mereka sudah tidak diragukan lagi. Nah, prestasi atau pencapaian inilah yang menjadi inspirasi bagi orang lain untuk bekerja lebih dan menghasilkan hal-hal bermanfaat yang lebih banyak. 
 

4. Menginspirasi Orang Lain dengan Menjadi Pemimpin Inspirasional. 

Cara keempat yang bisa kita lakukan adalah dengan menjadi pemimpin inspirasional atas segala pencapaian, kemampuan, kebaikan dalam memotivasi orang lain dan atas kerja keras yang selama ini kita berikan. Dengan kata lain, menjadi pemimpin inspirasional dimulai dengan melakukan tiga poin pertama yang sudah kita bahas sebelumnya. Seorang pemimpin yang inspirasional tidak hanya mendukung dan menginspirasi orang lain dari belakang, karena mereka juga orang-orang yang bekerja keras dengan penuh kegigihan. Selain itu, segala prestasi dan pencapaian yang mereka miliki akan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk bekerja lebih baik dan lebih maksimal. Ketiga unsur tersebut jika digabungkan akan membentuk seseorang menjadi pemimpin inspirasional. Nah, apakah rekan pembaca adalah seorang pemimpin inspirasional yang kami maksud? 
 
Tindakan untuk menginspirasi orang lain memang tidak mudah, karena kita perlu memotivasi dan menginspirasi diri sendiri terlebih dahulu sebelum mulai menginspirasi orang banyak. Jadi, apakah rekan-rekan pembaca sudah siap untuk memberikan inspirasi kepada orang banyak? Jika ya, tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice