×
STUDILMU Career Advice - 7 Hal Sederhana Ini Menjadikan Anda Bahagia dan Produktif
Productivity

7 Hal Sederhana Ini Menjadikan Anda Bahagia dan Produktif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo, pembaca setia Career Advice. Apakah hari Anda berjalan dengan baik? Beberapa hari dapat berjalan dengan sangat baik, dan beberapa hari tidak begitu baik. Jika hari Anda berubah menjadi lebih buruk, Anda pasti tidak ingin melakukan apapun. Anda tidak ingin menambah stres dengan menghabiskan waktu berharga Anda. Terkadang Anda benar-benar membutuhkan waktu untuk istirahat atau sesi terapi selama satu jam untuk mengembalikan suasana hati. Suasana hati yang dapat membuat Anda kembali fokus dan produktif.
 
Ketika Anda bahagia, Anda akan menjadi lebih produktif dan umumnya Anda berada di jalur menuju sukses. Suasana hati yang buruk dapat mengalihkan perhatian Anda dari pencapaian dan tujuan. Ini juga merusak hubungan Anda dengan sekitar. Seringkali, ketika kita membiarkan hari yang buruk menguasai kita, kita justru malah terjerumus lebih dalam dan merasa bahwa seisi dunia sedang tidak berpihak kepada kita. Kita merasa bahwa kita adalah seseorang yang paling malang. Segala sesuatu berjalan dengan kacau dan Anda kehilangan motivasi. Ya, kehilangan motivasi yang membuat Anda tidak dapat mencapai tujuan. Benar-benar merugikan, bukan?
 
Bagaimana Anda dapat mengendalikan situasi ini? Apa yang dapat Anda lakukan agar Anda tetap merasa bahagia sekalipun keadaan tidak mendukungnya? Sebelum kita membahas lebih jauh, ingatkan diri Anda bahwa kebahagiaan Anda ditentukan oleh diri Anda sendiri. Sangatlah penting untuk memiliki kebahagiaan ini dalam melakukan setiap pekerjaan Anda. Bayangkan jika Anda harus mengerjakan sesuatu dengan perasaan yang kacau. Apa yang akan dihasilkan? Hanya kekacauan, bukan? Anda hanya perlu beberapa tip dan trik cepat untuk tetap bahagia dalam situasi apapun sehingga Anda dapat tetap fokus dan termotivasi. Berikut adalah 7 hal mudah yang hanya dilakukan dalam 1 menit, namun dapat membuat Anda bahagia. 
 

1. Menghitung Berkat Anda

Dalam masa-masa sulit, kita sering kehilangan pandangan tentang hal-hal positif dalam hidup. Masa-masa sulit membuat kita stres. Suasana hati akan menurun ketika kita berada dalam suasana stres. Jangan khawatir, Anda dapat mengubah segalanya dengan cepat, dengan mencatat hal-hal apa saja yang berjalan dengan baik. Cukup ambil selembar kertas dan tuliskan daftar segala hal baik dalam hidup Anda. Ketika Anda menuliskan setiap hal baik yang Anda terima dalam kehidupan, Anda menyadari bahwa kehidupan Anda sesungguhnya sangat terberkati. Anda akan terkejut betapa cepatnya senyum itu merayap kembali ke wajah Anda.

2. Makanlah Cokelat

Jika segala sesuatunya tampak suram dan Anda tidak bisa keluar dari kelesuan, makanlah cokelat. Semakin gelap cokelat yang Anda makan, semakin baik. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa cokelat adalah penambah suasana hati alami. Namun, hati-hati saat memilih cokelat yang akan dikonsumsi ya. Jangan sampai  memiliki kandungan gula yang tinggi, ya. Kandungan gula yang tinggi justru membuat Anda malas dan tidak produktif. Ini juga dapat membahayakan kesehatan Anda. 
 

3. Pikirkan Orang –Orang yang Anda Cintai

Ketika suasana hati Anda menurun, itu mungkin karena Anda merasa sendirian. Mungkin stres pada hari itu telah mengisolasi Anda dan membuat Anda merasa kosong. Pikirkan tentang orang yang paling mencintaimu dan ingat saat-saat yang membahagiakan bersama orang tersebut. Ini akan membawa senyum Anda kembali. Kenangan itu kuat dan memberikan kehangatan. Dengan membayangkannya, Anda sedang mentransfer emosi hangat itu secara langsung.
 

4. Ucapkan Kata-Kata Positif

Jangan merendahkan diri sendiri, sekalipun Anda membuat kesalahan besar. Tingkatkan suasana hati Anda dengan mengingatkan diri sendiri betapa pintar dan berbakatnya Anda. Ulangi kalimat berikut: Saya adalah orang yang hebat yang memiliki kecerdasan dan keterampilan. Saya bisa melakukan apapun yang saya inginkan. Saya dapat dan akan belajar dari kesalahan saya dan segera menjadi lebih kuat, lebih bahagia, dan lebih efektif.
 
Ketika Anda mengucapkan kalimat yang positif, energi positif itu akan secara otomatis timbul dalam diri Anda. Energi positif ini akan mengembalikan suasana hati yang bahagia yang membantu Anda untuk tetap produktif. 
 

5. Lakukan Meditasi 45 Detik

Menjadi kewalahan dengan terlalu banyak gangguan dapat menguras energi Anda dan menurunkan suasana hati Anda. Atur timer di ponsel Anda selama 45 detik. Bersandar, tutup mata, jatuhkan bahu, dan fokus pada pernapasan dalam. Bayangkan pikiran negatif meninggalkan tubuh Anda melalui lubang hidung saat Anda mengeluarkan napas. Saat alarm berbunyi, buka mata Anda. Luangkan 10 detik untuk fokus. Lakukan cara ini setiap kali Anda merasa kebahagiaan Anda hilang.

6. Kirimkan Rasa Terimakasih

Mungkin Anda merasa tidak mendapat apresiasi yang cukup dan itu membuat Anda sedih. Ya, penghargaan yang Anda dapatkan sebanding dengan penghargaan yang Anda berikan. Inilah kesempatan untuk menyadari betapa banyak kontribusi orang lain dalam hidup Anda dan mereka membuat Anda merasa lebih baik. Daftarkan setidaknya lima orang yang melakukan sesuatu yang baik untuk Anda dalam beberapa hari terakhir. Kirimi mereka catatan atau hubungi mereka sebelum hari itu selesai dan sampaikanlah rasa terimakasih. Setelah Anda melakukannya, Anda akan merasakan kebahagian itu bersemi dengan cepat. 

7. Gerakkan Tubuh selama 30 Detik

Ketika Anda merasa stres dan seolah-olah segala sesuatunya menjadi buruk, bangkitlah dari kursi Anda. pasanglah musik dengan irama cepat yang mendukung dan menarilah, ya, menarilah selama 30 detik. Ini adalah cara yang bagus untuk memompa darah dan memberi energi. Bahkan, cobalah untuk melakukannya bersama dengan tim Anda, maka ini dapat memulihkan energi tim Anda. Buatlah sebuah permainan, ketika setiap orang terlihat lesu dan tidak bahagia, nyalakan musik dan teriakkan ‘Gerakan tubuhmu!’ ini akan sangat menyenangkan dan memberikan inspirasi baru bagi diri sendiri maupun tim.  
 
Itulah 7 cara sederhana yang membutuhkan waktu kurang dari 1 menit yang dapat membuat Anda kembali bahagia. Anda akan kembali bersemangat dan menjadi produktif kembali. Singkirkanlah stres yang mengganggu, lakukan 7 hal  ini dan jadilah bahagia. 

Featured Career Advice