×
STUDILMU Career Advice - Menciptakan Keceriaan Lintas Generasi di Tempat Kerja
Generation Millennials & Z

Menciptakan Keceriaan Lintas Generasi di Tempat Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Bagaimana cara untuk menciptakan keceriaan lintas generasi di tempat kerja?
Pada umumnya, Generasi Millennial dan Gen Z lebih menyukai tempat kerja yang tidak terlalu kaku dan formal. Mereka cenderung lebih menyukai lingkungan yang santai dan nyaman agar tetap produktif.   Sedangkan generasi yang lebih tua seperti Baby Boomer dan Generasi X lebih menyukai tempat yang nyaman dan formal.
Dengan memahami cara berbagai generasi bekerja, maka Anda dapat menciptakan keseruan antar generasi di tempat kerja dapat kita pelajari dengan cara-cara berikut ini:


1. Memiliki area permainan atau membuat games rutin
Jika Anda ingin tim Anda tetap termotivasi dan produktif dan istirahat dari meja kerja mereka, cobalah untuk menyediakan 'area istirahat' yang menyenangkan dan santai di mana orang dapat pergi selama 10 menit untuk menjernihkan pikiran atau Anda dapat menemukan cara untuk mengubah rutinitas dengan menyisipkan games dalam kegiatan pekerjaan saat membosankan.


2. Keluar bersama
Bersenang-senanglah dengan seluruh tim Anda dengan pergi keluar pada hari atau malam biasa. Pergi keluar bersama sebagai sebuah tim adalah cara yang bagus untuk membuat semuanya bersenang-senang dan menjalin hubungan di luar pekerjaan dapat mendukung kolaborasi antar generasi di kantor. Bersosialisasi dengan rekan kerja Anda adalah kunci untuk membentuk budaya kolaboratif.

3. Mendorong persahabatan
Bersosialisasi dengan rekan kerja dapat dilakukan seperti berbincang minum kopi ataupun makan malam bersama setelah bekerja atau pada hari Jumat juga dapat membangun persahabatan di dalam tim. Menurut penelitian, orang-orang dengan 'sahabat' atau teman di tempat kerja dapat terlibat aktif di tempat kerja hingga 7 kali lebih daripada mereka yang tidak.
Persahabatan di tempat kerja juga dapat membantu Anda mengembangkan budaya 'cinta penuh kasih' yang menurut penelitian dapat menghasilkan tingkat kepuasan dan kerja tim yang lebih tinggi serta pengurangan stres di tempat kerja. Anda pun bisa menjalani persahabatan antar generasi, dengan yang lebih tua ataupun dengan yang lebih muda, dengan bertambahnya teman kerja, Anda dapat saling sharing dan belajar hal-hal yang mungkin Anda tidak dapatkan dengan teman sebaya Anda.
 

Featured Career Advice