×
STUDILMU Career Advice - Pantang Menyerah Dengan Cara Cerdas
Self Improvement

Pantang Menyerah Dengan Cara Cerdas

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Menyerah? Ini mungkin bisa menjadi sebuah opsi bagi sebagian orang, namun bagi orang-orang yang tangguh, menyerah bukanlah sebuah opsi. Tidak ada kata ‘menyerah’ di dalam kamus mereka. Ketika kita ingin mengejar suatu mimpi, penolakan akan terus berdatangan tanpa diduga-duga. Lalu, bagaimana cara kita menyikapinya agar tetap bersemangat dan pantang menyerah? 
 
Pada artikel kali ini, kami akan memberikan kiat-kiat ampuh yang dapat diterapkan oleh para pembaca Career Advice agar  tidak mudah menyerah. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Ingat Kembali Prestasi-prestasi Kecil 

Saat kita mendapatkan sebuah penolakan atau menghadapi kegagalan baik kecil maupun besar, ingatlah bahwa kita juga pernah meraih pencapaian hidup yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Jangan sedih dan merasa takut dengan kegagalan karena pencapaian besar lainnya akan segera datang ke dalam kehidupan kita. 
 

2. Sertakan Orang-orang Tersayang ke dalam Tantangan 

Orang-orang yang menyayangi kita akan selalu ada di samping kita bagaimanapun kondisinya. Saat Kita menang, mereka adalah orang pertama yang akan bahagia dan saat kita kalah, mereka adalah orang-orang yang siap ‘menopang’ kita untuk tidak mundur dan menyerah. Selalu sertakan mereka dalam setiap tantangan yang kita miliki. Maka, perasaan untuk menyerah akan segera sirna. 

3. Manfaatkan Waktu di Pagi Hari

Orang-orang sukses selalu punya cara yang unik untuk menggunakan waktu di pagi hari. Beberapa rutinitas mereka lakukan sebelum beralih ke pekerjaan yang lebih berat. Mereka adalah orang-orang yang selalu bersikap produktif atas apapun yang mereka lakukan. Tidak peduli pagi, siang atau malam, serangkaian rutinitas yang dapat membuat mereka produktif akan mereka lakukan. 
 

4. Memanfaatkan Waktu Tidur 

Apabila waktu sudah menunjukkan untuk tidur, segera tinggalkan ponsel dan tutup aplikasi sosial media kita, dan bergegaslah tidur. Sangatlah penting untuk memiliki kualitas tidur yang baik dengan tidur yang nyenyak. 
 
Tubuh setiap orang memang berbeda-beda, namun kebanyakan peneliti cenderung setuju bahwa delapan jam tidur adalah waktu yang ideal untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidur yang cukup akan membuat suasana hati kita menjadi lebih baik dan memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan kita. 
 

5. Memiliki Rutinitas yang Tetap 

Membuat daftar rutinitas juga sangat penting untuk keseimbangan hidup kita. Apa hubungannya rutinitas dengan kehidupan yang pantang menyerah? Tentu saja ada, mereka yang pantang menyerah akan tetap menjalankan rutinitas yang mereka lakukan sebelumnya. Terlebih lagi, jika rutinitas tersebut adalah daftar kegiatan yang positif. 
 
Namun apabila kegagalan terus terjadi secara berulang-ulang, maka mereka akan mengecek kembali daftar rutinitas dan melakukan peninjauan terhadap beberapa kegiatan yang mungkin perlu digantikan dengan kegiatan yang lebih baik. Selain itu, memiliki daftar rutinitas yang tetap juga membantu kita dalam memaksimalkan waktu dan efisiensi
 

6. Kontrol Pengeluaran dan Pemasukan

Maju tak gentar! Meskipun mungkin modal usaha kita semakin berkurang atau usaha yang kita dirikan selama bertahun-tahun belum memberikan hasil apapun, kita tidak boleh mundur apalagi menyerah. Kita dapat mengatasi rasa menyerah dengan memantau segala pemasukan dan pengeluaran dari perusahaan kita. 
 
Tulis laporan keuangan dengan teliti dan lengkap agar kita dapat memiliki pengeluaran yang lebih bijak dari sebelumnya. Ini dapat melatih kita dalam menggunakan uang, sebelum kesuksesan benar-benar datang kepada kita. Tidak hanya itu, dengan melakukan hal ini kita juga dapat memprediksi seberapa dekat kita dalam mencapai target keuangan yang diinginkan. Kesuksesan finansial tidak didapatkan dengan mudah, tetapi ini perlu direncanakan dan dipersiapkan secara hati-hati setiap waktunya. 
 

7. Ingat Apa Alasan Kita Memulainya 

Ketika rasa ingin menyerah menyerang sanubari, dan benar-benar memojokkan kita kepada pilihan untuk ‘menyerah’. Tahan, tahan perasaan itu dengan kembali mengingat alasan-alasan yang kuat mengapa kita memulainya. Sebagai contoh, kita memulai bisnis untuk meningkatkan kemampuan finansial kita tiga tahun ke depan, karena kita memiliki rencana untuk menikah.
 
Sayangnya, bisnis kita tidak berjalan dengan lancar pada tahun kedua, dan segalanya hancur sehingga kita harus memulai bisnis kembali dari nol. Kami tahu bahwa ini akan sulit untuk tidak menyerah. Namun, percayalah bahwa Tuhan tidak akan menguji manusia di luar dari kemampuan mereka. Coba ingat-ingat kembali alasan kuat yang membawa kita sampai ke titik yang sekarang. 

8. Berikan Hadiah Kecil untuk Diri Sendiri

Jangan tunggu orang lain untuk memberikan apresiasi atau hadiah untuk diri kita sendiri, karena kita bisa melakukannya sendiri dengan memberikan hadiah kecil yang manis sebagai bentuk apresiasi diri. 
 
Bisa jadi, kegagalan yang kita hadapi dikarenakan kurangnya apresiasi yang kita berikan untuk diri sendiri. Cobalah untuk memberikan coklat atau es krim kesukaan kita, atau sekedar menonton film kesukaan di bioskop. Ucapkan ‘terima kasih’ untuk diri kita sendiri. Dan, coba lihat bagaimana efeknya. Kami yakin rekan-rekan Career Advice akan lupa dengan kata ‘menyerah’. Mengapa begitu? Karena rekan pembaca akan menyadari kualitas diri yang rekan pembaca miliki sampai berhasil ke tahap ini. 

9. Jangan Lelah Mencari Inspirasi

Inspirasi adalah komponen yang sangat penting untuk menjauhi kita dari sikap mudah menyerah. Orang yang tidak pernah kehabisan inspirasi, hidupnya akan penuh dengan motivasi-motivasi hidup yang kuat. Seakan tidak pernah kehabisan ide, inspirasi-inspirasi tersebut akan membawa kita untuk tetap fokus, bersemangat dan termotivasi. 
 
Dalam kata lain, mencari inspirasi menempatkan kita ke dalam pola pikir yang positif, sehingga kita tidak cepat goyah dan terus kuat menghadapi masa-masa yang sulit.
 

10. Kelilingi Diri dengan Orang-orang yang Positif

Hidup ini memang keras dan kita selalu dituntut untuk menjadi orang yang tangguh agar bertahan dalam kondisi apapun. Saat kita merasa ingin menyerah, akan ada banyak orang yang menentangnya. Namun, tidak sedikit orang yang akan mengucilkan kita dan malah membawa kita kepada posisi ‘menyerah’. 
 
Disinilah peranan orang-orang yang positif sangat diperlukan. Kita perlu mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang positif. Minimalnya, mereka yang berpikiran sama seperti kita, yang mau untuk terus maju dan mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Tidak ada gunanya untuk bergaul bersama mereka yang selalu membawa hawa negatif ke dalam kehidupan kita. Jadi, mulai sekarang rekan-rekan Career Advice perlu lebih berhati-hati lagi ya dalam memilih teman dekat. 
 
Setiap orang pasti akan berusaha untuk menemukan berbagai cara agar tetap termotivasi. Namun, rintangan tidak akan pernah berhenti mencari ‘jalan’ untuk menghampiri kita. Terapkan sepuluh cara di atas dan rekan-rekan pembaca akan menjadi seorang yang maju tak gentar dan pantang menyerah. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice