×
STUDILMU Career Advice - Pentingnya menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan
Customer Service

Pentingnya menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

3. Selalu berusaha untuk melampaui harapan
Kunci kepuasan pelanggan yang lebih kuat adalah memberikan layanan yang melampaui ekspektasi. Ketika Anda memberikan pelanggan layanan yang lebih dari yang mereka harapkan tentunya akan mengejutkan dan menyenangkan mereka. Ini adalah cara yang paling ampuh untuk menjamin mereka akan terus datang kembali, mereka juga akan cenderung memberikan testimoni yang baik ke  teman dan keluarga mereka.
Dalam setiap interaksi dengan pelanggan Anda, pastikan bahwa mereka puas dengan produk ataupun layanan Anda. Ketika Anda secara konsisten mendengarkan pelanggan, mengakui kekhawatiran mereka dan memperbaiki masalah, Anda akan menjadi pilihan utama di setiap kesempatan.
 
4. Gunakan program loyalitas dengan kartu atau perolehan poin
Sebagian besar bisnis sudah memiliki program loyalitas untuk mendorong  loyalitas konsumen dan membuat pelanggan kembali membeli produk dari toko Anda. Salah satu program yang paling populer adalah melibatkan perolehan poin untuk setiap pembelian yang nantinya dapat ditukar dengan barang/diskon
Salah satunya adalah toko/outlet Sephora yang menawarkan manfaat seperti makeover gratis kepada pelanggan yang menghabiskan jumlah minimum. Di perusahaan telepon biasanya menawarkan uang untuk berpindah penyedia layanan. Sebagian besar bank atau perusahaan kartu kredit menawarkan diskon di toko mitra. Semua ini adalah contoh untuk membuat pelanggan untuk terus melakukan pembelian di toko atau menjadi pelanggan setia dengan toko/perusahaan Anda. 
 
5. Hubungan pelanggan lebih penting dari sebelumnya
Di era digital saat ini, sangat baik apabila Anda dapat mengembangkan hubungan dengan pelanggan agar lebih erat. Pekerjaan yang dilakukan toko/perusahaan Anda untuk mempertahankan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan tersebut membutuhkan usaha yang besar. Tapi apabila Anda dapat melingkupi itu semua, loyalitas pelanggan di toko/Perusahaan Anda akan semakin meningkat.
 
Dalam dunia bisnis, sama dengan dunia layanan pelanggan, pelanggan merupakan aset yang harus diperjuangkan oleh para pelaku bisnis. Jangan heran, banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan atau menjaga pelanggan sampai mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Itulah pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan supaya hubungan menjadi kuat dan dapat berlangsung dengan lama. 
 
Dari hal-hal yang sudah dijelaskan diatas, pasti kalian sudah paham apa pentingnya menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Cara nya memang tidak mudah, tapi hal tersebut harus dilakukan supaya bisnis Anda tetap berjalan secara berkelanjutan ya… 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source:
How To Develop and Maintain Positive Client Relationships | Indeed.com  
Ways to Maintain Good Customer Relationships | MarketingProfs
How to manage customer relationships | business.gov.au
1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice