×
STUDILMU Career Advice - Permudah Pekerjaan Anda dengan Mind Map
Tips of Management

Permudah Pekerjaan Anda dengan Mind Map

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

3.      Meningkatkan Efektivitas Brainstorming

Brainstorming merupakan sebuah usaha memecahkan masalah yang menggunakan prinsip lateral thinking atau horizontal thinking baik secara individu maupun kelompok.

Umumnya proses untuk mengumpulkan ide dan brainstorming melibatkan banyak orang dalam satu tim. Semua orang dalam tim bisa menyalurkan dan menyatukan ide dan gagasan mereka dalam satu model dan konsep yang tertuang pada Mind Map. Anggota tim akan merasa dilibatkan dan menciptakan sense of belonging.

 

4.      Memaksimalkan Perencanaan Proyek

Mind Map dapat digunakan untuk membantu Anda merencanakan dan mengatur pemikiran Anda sebelum Anda mulai menjalankan sebuah proyek tertentu. Sebuah proyek bukanlah hanya pekerjaan biasa, proyek harus memiliki perencanaan yang matang. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk mengembangkan semua ide Anda dan melihat hubungan dari tugas-tugas Anda satu sama lain sebelum memutuskan cara terbaik untuk melakukan tugas tersebut. Dengan menggunakan Mind Map, perencanaan dapat terstruktur secara keseluruhan sehingga proyek dapat terselesaikan dengan baik.

 

5.      Mengoptimalkan Kegiatan Belajar dan Mengajar

Mind Map adalah alat yang tentunya mempermudah proses belajar karena dapat mendorong otak untuk membuat asosiasi antara kata kunci, frasa, dan gambar sehingga dapat digunakan oleh siapa pun yang ingin belajar atau bertukar pikiran mengenai ide-ide kreatif secara individu maupun kelompok. Mind Map juga dapat digunakan untuk memecah informasi-informasi yang kompleks dan meningkatkan kemampuan menghafal serta mengingat berbagai materi. Penggunaan Mind Map juga bisa dilakukan pada saat mengajar dan membuat silabus materi pembelajaran. Sebagai alat pedagogis dalam pembelajaran, visibilitas Mind Map memberikan pendekatan yang efektif untuk memudahkan pemahaman yang lebih baik pada peserta ajar.

Mind Map masih mempunyai segudang manfaat lainnya bagi pekerjaan Anda. Mari buka lembar kertas kosongmu dan mulai berkreasi dengan Mind Map!


 

Source:

Ahmad, M. A., & Haling, A. (n.d.). Bimbingan pengembangan bahan ajar tematik berbasis Mind-Mapping Plus. 403–407.

Buntu, A., Ramadhan, A., & Tangge, L. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di Kelas IX SMP Negeri 6 Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 5(2), 19–28.

Mento, A. J., Martinelli, P., & Jones, R. M. (1999). Mind mapping in executive education: Applications and outcomes. Journal of Management Development, 18(4), 390–416. https://doi.org/10.1108/02621719910265577

https://www.usingmindmaps.com/mind-maps-at-work.html#:~:text=Mind%20Maps%20allow%20you%20to,an%20advantage%20in%20your%20career.

https://www.ayoa.com/ourblog/why-mind-mapping-works-the-benefits-of-mind-mapping/

123 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice