×
STUDILMU Career Advice - Melakukan Kolaborasi Secara Virtual
Teamwork & Collaboration

Melakukan Kolaborasi Secara Virtual

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Jika memang bukan sesuatu yang membutuhkan urgensi tinggi, maka bisa dibahas pada meeting tetap. Tetapkan agenda sebelumnya, dan tugaskan seseorang untuk memfasilitasi meeting agar semua tim tetap mengetahui arah tujuan dan mendorong pengambilan keputusan. Selain itu, ketika meeting berlangsung, tunjuk satu orang untuk menjadi notulen dalam membuat catatan selama meeting berlangsung yang ditujukan kepada pembuat kepentingan, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu berharga dengan mengadakan pertemuan lain tetang topik yang sama di masa yang akan datang.

2. Berbagi dokumen

Jika Anda membutuhkan umpan balik dalam bentuk dokumen atau penunjang pekerjaan lainnya berkaitan dengan softfile, dan tidak masalah untuk melakukan komunikasi menjadi “asychronous”, membagikan dokumen untuk melakukan kolaborasi. Anda bisa melakukan ini dengan menggunakan Google Docs, Teams, Slack atau pelayanan berbagai file lainnya yang disetujui oleh organisasi. Ketika Anda menggunakan metode ini, pastikan untuk mengatur jadwal review, aktifkan pemberitahuan jik ada perubahan, dan pahami dengan benar apa yang Anda butuhkan dari reviewer pada dokumen. Semuanya harus cukup jelas, sehingga jika rekan kerja Anda melihat dokumen tersebut, maka rekan kerja Anda tidak perlu mengklarifikasi isi dokumen tersebut.

3. Bekerja “side-by-side”

Jika Anda bekerja di kantor secara fisik, bekerja side-by-side atau bersebelahan mungkin sudah biasa terjadi. Tapi pandemi menyebabkan hampir semua orang harus bekerja secara virtual, maka muncul tren bekerja “virtual side-by-side”. Virtual side-by-side dilakukan dengan video call dengan seorang rekan kerja, dimana Anda mengerjakan pekerjaan Anda sekaligus membagikan project Anda kepada rekan rekan Anda di waktu yang sama. Melalui cara ini, Anda dapat dengan mudah bertanya kepada rekan kerja Anda atau meminta umpan balik kapan pun Anda sedang berada dijalan buntu. Ketika ada seseorang yang berada “di samping” Anda, bekerja jadi terasa seperti ketika sedang bekerja secara normal, serta kolaborasi dapat melangkah maju secara perlahan. Strategi ini juga efektif jika Anda menemukan kesulitan pada saat bekerja. Tekanan rekan kerja yang positif ketika seseorang hadir secara fisik kepada Anda dan berharap Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda.

Featured Career Advice