×
STUDILMU Career Advice - Melakukan Kolaborasi Secara Virtual
Teamwork & Collaboration

Melakukan Kolaborasi Secara Virtual

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

1. Video Conferencing Software

Bekerja secara virtual tidak berarti Anda tidak dapat bertemu dengan rekan kerja Anda. Banyak komunikasi terjadi dalam bentuk non verbal seperti melihat ekspresi, gerakan dan postur orang lain. Melihat satu sama lain dan berinteraksi secara langsung menambah keintiman dan kepercayaan dalam komunikasi baik dalam kata-kata yang tertulis atau melalui panggilan suara tidak akan pernah benar-benar tersampaikan. Maka dalam melakukan virtual collaboration perlu adanya video conferencing software seperti Zoom, Google Meet, dan Skype sebaik media komunikasi virtual. Video conference dalam bekerja secara virtual amat sangat penting dilakukan untuk melakukan kolaborasi dalam bekerja. Meeting rutin bisa dilakukan meskipun bekerja secara remote. Dalam melakukan video conference juga masih bisa “share screen” untuk mempresentasikan apa yang akan disampaikan ketika meeting sedang berlangsung.

2. File Sharing Software

Dalam virtual collaboration, selain komunikasi yang penting antar rekan kerja, maka ada kebutuhan saling berbagai dokumen antar rekan kerja. Pastinya dalam bekerja Anda butuh untuk memberikan laporan kepada atasan Anda, atau dokumen pendukung yang dibutuhkan oleh tim lainnya. File sharing software merupakan  salah satu yang dapat digunakan untuk berbagi dokumen dalam virtual collaboration seperti Google Drive, Dropbox dan Microsoft 365. Sebenarnya penyimpanan dokumen dalam bentuk softfile dan disimpan dalam bentuk cloud sudah banyak dilakukan sebelum pandemi Covid-19 menyerang, hal ini sangat efektif dan efisien karena berbentuk paperless, memudahkan pencarian, sampai dapat menyimpan banyak dokumen tanpa memakan tempat yang sangat banyak.

Tips Melakukan Virtual Collaboration

Dilansir dari artikel Harvard Business Review berjudul “4 Tips for Effective Virtual Collaboration”, Elizabeth Grace Saunders membagikan 4 tips dalam melakukan virtual collaboration efektif, antara lain :

1. Lakukan meeting rutin

Jika Anda butuh brainstroming, membuat visi, memperbarui posisi, menyetujui goals atau melakukan diskusi kreatif dan strategi, meeting merupakan metode yang paling efisien untuk membuat semua pekerjaan tersebut selesai. Anda mungkin ingin memasukkan jadwal meeting pada kalender Anda, tapi ketika Anda bisa, coba untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut pada rapat tetap yang sudah dijadwalkan.

Featured Career Advice