×
STUDILMU Career Advice - 10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja
Self Improvement

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Tentunya kita semua tahu bahwa saat ini banyak sekali muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada. Ya, ini disebabkan oleh tuntutan kemajuan zaman dan teknologi sehingga banyak peluang-peluang baru. Lalu bisakah rekan pembaca bayangkan bagaimana kebutuhan dalam dunia kerja selama 10 tahun kedepan?
 
Di masa depan akan muncul berbagai pekerjaan baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Untuk mendapatkan pekerjaan itu, tentu saja ada keahlian tertentu yang harus dikuasai. Sebagai contoh, saat ini kemampuan memecahkan masalah kolaboratif menjadi keterampilan yang penting untuk dimiliki seseorang. Pemecahan masalah kolaboratif merupakan keterampilan penting karena di dunia modern sekarang ini, karena dibutuhkan tim yang dapat mengintegrasikan pencapaian kelompok dengan pengetahuan yang dimiliki anggota tim. 
 
Di hari depan, para pekerja nantinya dituntut untuk memahami kekurangan yang ada dan melakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Soft skill merupakan hal yang dibutuhkan untuk para pekerja dapat tampil lebih unggul dibanding lainnya. Khususnya, dalam beberapa tahun kedepan, ada beberapa soft skill yang dituntut untuk dikuasai
 
Menurut sebuah penelitian, soft skill seperti kemampuan memimpin, kreativitas, kecerdasan emosi dan berpikir kritis akan menjadi investasi yang memberikan peluang lebih dalam mendapatkan pekerjaan yang rekan pembaca inginkan. Lalu, apa sajakah 10 soft skill dalam dunia kerja yang harus rekan pembaca miliki? Berikut adalah jawabannya. 

1. Manajemen konflik

Manajemen konflik merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki karena kompleksnya lingkungan pekerjaan di era modern sekarang ini. Lingkungan kerja saat ini terdiri dari berbagai generasi, teknologi, negara dan budaya yang berbeda dan tentunya permintaan pasar yang juga berbeda. Tempat yang memiliki perbedaan prioritas, cara kerja dan gaya berkomunikasi mudah menyebabkan terjadinya konflik. Menurut data, setiap orang menghabiskan 3 jam untuk menangani konflik. Oleh karena itu, kemampuan manajemen konflik menjadi suatu tuntutan yang harus dikuasai pencari kerja. Setiap orang nantinya harus memiliki kemampuan untuk memecahkan konflik tanpa berlarut-larut. 
 

2. Manajemen waktu

Ini mungkin tidak terlalu mengherankan, apalagi di era modern yang penuh dengan kompleksitas sekarang ini. Kemampuan manajemen waktu merupakan kemampuan yang harus dimiliki karena setiap individu dituntut untuk bersaing satu dengan yang lainnya. Dan yang terbaik adalah orang-orang yang mampu menggunakan waktu dengan maksimal. Jangan sampai Anda harus tersingkirkan hanya karena Anda tidak memiliki kemampuan manajemen waktu yang tepat.

3. Manajemen stres

manajemen stres juga merupakan suatu tuntutan keterampilan yang harus dimiliki. Keterampilan ini memungkinkan Anda untuk memiliki mental yang sehat sehingga Anda dapat memiliki tingkat fokus yang lebih baik. Sebuah data menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki karyawan dengan tingkat stres yang berlebihan dapat menghabiskan biaya lebih dari 100 miliar setiap tahunnya. Jadi, pastikan setiap rekan pembaca telah menguasai keterampilan untuk mengelola stres dan menghadapinya dengan baik. 
 

4. Keterampilan berkomunikasi

Ini bukanlah hal yang sangat mengejutkan. Komunikasi, baik tertulis maupun lisan telah menjadi bagian dari pekerjaan di era modern sekarang ini. hal ini juga semakin didukung dengan keragaman cara berkomunikasi di dunia kerja. Setiap orang memiliki akses untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja. Bagaimana dengan kemampuan komunikasi Anda? Pelajari cara-cara yang tepat dalam membangun keterampilan ini. 
 

5. Budaya perusahaan

Keterampilan yang kelima ini memang lebih dipertimbangkan untuk dimiliki para HR, tetapi tentunya penting dimiliki setiap orang. Budaya perusahaan merupakan faktor penting kesuksesan perusahaan. Jadi, setiap orang didalamnya haruslah memiliki kemampuan pemahaman akan budaya yang dimiliki oleh perusahaan. 
 

6. Layanan pelanggan

Meskipun keahlian ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki peran langsung menghadapi pelanggan. Pada dasarnya setiap orang yang bekerja pasti memiliki pelanggan, baik itu pelanggan yang merupakan pembeli produk atau jasa perusahaan dan juga rekan kerja yang bermitra dengan kita. Ya, ketika rekan kerja Anda meminta sesuatu dari Anda, mereka adalah pelanggan Anda. 
 
Karena itu, keterampilan ini diperlukan agar kita dapat menghadapi setiap pelanggan dengan cara yang tepat sehingga pelayanan diberikan memuaskan dan memberikan hasil baik.
 

7. Kecerdasan emosional 

Kecerdasan emosional menjadi satu tuntutan keterampilan yang harus dikuasai. Tentunya emosi merupakan sesuatu yang sulit dikendalikan. Dan disinilah Anda dituntut untuk dapat memiliki kemampuan dalam mengelola emosi Anda dengan tepat agar Anda tetap mampu menghasilkan kinerja yang luar biasa tanpa harus dipengaruhi oleh keadaan emosi tertentu. Apakah telah menguasai keterampilan ini? Jika belum, temukan beberapa pelatihan yang dapat membantu Anda meningkatkan kecerdasan emosional. 
 

8. Produktivitas pribadi

Tentunya ini bukanlah hal yang asing lagi. Produktivitas membantu Anda untuk menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Untuk mempertahankan fokus bukanlah hal yang mudah. Pelajari gangguan yang dapat menghilangkan fokus dan temukan cara untuk mengatasinya. Sehingga, Anda akan tetap produktif sepanjang hari.
 

9. Kemampuan bercerita

Ini mungkin merupakan keterampilan yang tidak terlalu akrab didengar. Tetapi, dengan kemampuan ini, setiap anggota tim akan mampu untuk mengomunikasikan kepada pendengar tentang hal yang mereka lakukan. Tentunya ini sangatlah penting untuk dimiliki, khususnya di era digital saat ini. Setiap orang dituntut untuk dapat bercerita dengan singkat padat dan jelas dalam menjalin kerjasama bersama rekan bisnis. Banyak juga ditemukan perusahaan pelatihan karier yang menawarkan kursus bercerita, khususnya di bidang bisnis. Jadi, jika Anda belum menguasai keterampilan ini, daftarkan diri Anda pada pelatihan yang tepat. 
 

10. Manajemen perubahan

Keterampilan terakhir yang akan diperlukan adalah kemampuan manajemen perubahan. Dengan segala sesuatu yang serba digital dan keadaan yang terus berubah-ubah, tentunya kemampuan ini sangatlah diperlukan untuk mampu bertahan dan beradaptasi di tengah kompleksitas. 
 
Itulah 10 soft skill dalam dunia kerja yang perlu dimiliki pribadi-pribadi yang ingin bersaing di era digital. Persaingan akan semakin ketat. Jadi, pastikan bahwa rekan pembaca telah mempersenjatai diri Anda dengan 10 keterampilan tersebut. Lalu, bagaimana jika Anda belum menguasai keterampilan tersebut? temukan lembaga yang dapat membantu Anda menguasai keterampilan. Sehingga Anda akan siap menghadapi permintaan dunia pekerjaan dan bersaing dengan yang lainnya di masa depan.

Featured Career Advice