×
STUDILMU Career Advice - 11 Fakta Mengejutkan tentang Kepribadian Manusia
Self Improvement

11 Fakta Mengejutkan tentang Kepribadian Manusia

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Ada yang tahu berapa jumlah populasi manusia di muka bumi ini? Hmm, pastinya banyak sekali ya! Hebatnya lagi, Tuhan menciptakan semua manusia dengan kepribadian yang berbeda-beda, dan tentunya kita semua memiliki keunikan masing-masing. Artikel ini akan membahas tentang 11 fakta mengejutkan tentang kepribadian manusia, yap! kepribadian kita semua. 
 
Ternyata, cara kita menggantung tisu toilet, bagaimana kita memilih pekerjaan, dan bagaimana kita menggunakan media sosial, semuanya dapat menentukan kepribadian kita loh! Berikut ini adalah 11 fakta kepribadian manusia menurut website entrepreneur yang sangat mengejutkan. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Kekayaan akan Lebih Mudah Didapatkan, Jika Kepribadian Kita Cocok dengan Pekerjaan yang Dipilih.

Menemukan pekerjaan yang tepat itu memang susah-susah gampang. Tidak semua pekerjaan bisa membuat kita nyaman. Bukan berarti bos atau rekan-rekan kerja kita yang menyebalkan, namun lebih kepada deskripsi pekerjaan tersebut. Jika kepribadian kita cocok dengan pekerjaan yang kita pilih, maka kita akan merasa sangat nyaman dan menikmati setiap usaha yang kita berikan pada pekerjaan tersebut.
 
Semakin cocok kepribadian kita dengan pekerjaan yang dipilih, maka akan semakin kuat chemistry yang kita berikan pada pekerjaan tersebut. Fakta yang mengejutkannya adalah semakin cocok kepribadian seseorang dengan pekerjaan yang dimiliki, maka akan semakin tinggi pendapatan yang mereka dapatkan.
 
Bayangkan saja, setiap harinya kita akan bekerja untuk segala sesuatu yang kita sukai, atau kita bisa menyebutnya sebagai passion. Dengan begitu, pekerjaan yang berat sekalipun akan terasa sangat ringan dan menyenangkan. 
 

2. Kepribadian Kita Dipengaruhi oleh Apa yang Kita Pelajari Sebelumnya.

Fakta mengejutkan yang kedua adalah kepribadian kita dapat ditentukan oleh ilmu-ilmu dan informasi yang kita pelajari sebelumnya, terutama pada jenjang pendidikan yang terakhir. Sebagai contoh, penelitian menemukan bahwa pelajar dari Fakultas Psikologi lebih bersifat terbuka kepada orang-orang di sekitarnya dan pelajar dari Fakultas Seni cenderung lebih pendiam dan kurang stabil secara emosi. 
 

3. Kepribadian Kita Dipengaruhi oleh Cuaca Tempat Kita Lahir dan Bertumbuh.

Mungkin ini termasuk ke dalam fakta yang cukup mengejutkan bagi banyak orang, atau membuat orang lain bertanya-tanya. Apa benar cuaca tempat kita lahir dapat memengaruhi kepribadian kita? Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nature menunjukkan bahwa orang-orang yang besar dan tumbuh di daerah dengan cuaca yang hangat, biasanya adalah orang-orang yang lebih menyenangkan, terbuka, berpikiran luas dan tidak terlalu neurotik. Sedangkan, mereka yang tumbuh dan besar di daerah-daerah dengan cuaca yang cenderung panas, biasanya mereka akan lebih mudah terpancing emosi. 

4. Kepribadian Kita dapat Memengaruhi Berat Badan Kita. 

Studi yang dilakukan oleh American Psychological Association menemukan bahwa kepribadian kita dapat memengaruhi penurunan dan peningkatan berat badan kita. Misalnya, para individu dengan tingkat “impulsif” yang sangat tinggi, cenderung memiliki berat badan yang obesitas (kelebihan berat badan dari berat idealnya). Mengapa demikian? Pertama-tama, kita perlu tahu apa yang dimaksud dengan impulsif? Ini adalah kondisi dimana seseorang mendapatkan dorongan untuk melakukan sebuah tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu.
 
Oleh karena itu, orang-orang dengan impulsif yang tinggi suka mengambil risiko, kompetitif, dan agresif. Sehingga, mereka membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak. Inilah yang membuat mereka menjadi lebih mudah obesitas karena mereka akan merasa kesulitan untuk berhenti makan. 
 

5. Kepribadian Kita dapat Memengaruhi Pandangan Politik dan Ekonomi. 

Fakta mengejutkan ini dikemukakan melalui studi yang dilakukan oleh Psychological Science. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang dari semenjak masa kecilnya memiliki sifat agresif, suka berkelahi, bahkan sering mencuri barang teman-temannya, mereka cenderung mempercayai pandangan ekonomi ke arah kiri (liberal) dan tidak puas dengan sistem politik yang ada. 

6. Beberapa Kepribadian bisa Memiliki Masa Hidup yang Lebih Panjang. 

Ini juga merupakan salah satu fakta yang unik. Ternyata hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti menunjukkan bahwa memang ada beberapa kepribadian dari manusia yang menyebabkan mereka bisa hidup dengan masa yang lebih panjang atau yang biasa kita sebut dengan panjang umur. 
 
Sekelompok peneliti menemukan empat sifat utama yang memiliki kecenderungan untuk panjang umur, dua kepribadian khusus untuk wanita, dan keduanya lagi untuk pria. Bagi para wanita, kesesuaian emosi dan stabilitas akan membawa wanita kepada kehidupan yang lebih nyaman dan lebih panjang. Di sisi lain, sikap keterbukaan dan kesadaran diri yang baik akan membuat para pria hidup lebih lama. 
 

7. Kepribadian Kita dapat Memengaruhi Cara Menggunakan Media Sosial.

Siapa disini yang suka menggunakan media sosial? Kami yakin hampir semua dari kita pasti mengakses minimalnya satu media sosial setiap harinya. Nah, ternyata kepribadian kita juga bisa memberikan efek pada cara kita menggunakan media sosial loh. Ada satu studi yang menemukan perbedaan yang signifikan antara para introvert dan ekstrovert. Misalnya, para ekstrovert cenderung suka memperluas koneksi mereka di media sosial. Mereka sangat suka chatting melalui kolom pesan, memberi komentar pada foto teman-temannya di Instagram atau Facebook, dan video call dengan teman-teman mereka. 
 
Sedangkan, mereka yang sangat introvert sampai-sampai memiliki rasa cemas dan kekhawatiran pada diri mereka sendiri, mereka juga sering menggunakan media sosial. Bedanya, mereka tidak terlalu terlibat dengan teman-teman mereka di media sosial. 
 

8. Kepribadian Kita dapat Menentukan Pilihan Kopi yang Kita Minum. 

Mungkin ketika rekan pembaca membaca poin kedelapan ini akan sedikit merasa bingung, apa kaitannya antara kopi dan kepribadian manusia? Data yang ditunjukkan dari sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang menyukai kopi hitam dengan rasa yang pahit cenderung memiliki sifat anti-sosial (tidak suka bergaul), suka narsis dan psikopat, walau mungkin tidak semuanya seperti itu. Sebaliknya, mereka yang sangat senang meminum kopi dengan krim dan gula akan cenderung memiliki kepribadian yang terbuka, menyenangkan dan ramah kepada orang lain. 

9. Kepribadian Kita juga Dapat Memengaruhi Selera Musik Loh!

Telah dilakukan sebuah studi selama tiga tahun yang membandingkan preferensi musik dan ciri-ciri kepribadian yang diambil lebih dari 36.000 koresponden. Hasilnya adalah seperti berikut ini:
- Para penggemar musik klasik cenderung memiliki kepribadian yang tertutup.
- Penyuka musik hip-hop biasanya lebih ekstrovert. 
- Orang-orang yang menyukai musik rock indie biasanya adalah para individu yang kreatif dan terbuka untuk mendapatkan pengalaman baru, namun memiliki etos kerja yang rendah.
- Para pecinta musik punk rock memiliki kepribadian yang sangat kuat, energik dan memiliki sedikit empati. 
- Penggemar music country? Yap! mereka sangat suka bekerja keras dan memiliki empati yang cukup baik. 
- Bagaimana dengan orang-orang yang menyukai musik folk, jazz dan blues? Mereka biasanya lebih reflektif, suka berpikiran terbuka, sangat kreatif dan menikmati pengalaman baru.  

10. Cara Kita Menggantung Tisu Toilet juga Dipengaruhi oleh Kepribadian Kita Loh!

Ternyata ini bukan sekedar hoax loh rekan-rekan. Tiga tahun yang lalu tepatnya tahun 2016, seorang dokter bernama Dr. Gilda Carle melakukan penelitian tentang “Tes Kepribadian Tisu Toilet”, yang mana para peserta penelitian harus menjawab, mereka lebih suka menggantung tisu toilet dalam posisi di bawah atau di atas? Lalu, para peserta perlu memberikan skala dari 1 hingga 10 tentang seberapa asertifnya mereka. Bagaimana dengan hasilnya? penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang yang menggantung tisu toilet pada posisi atas cenderung memiliki kepribadian yang dominan. Sebaliknya, mereka yang menggantungnya dengan posisi di bawah cenderung lebih patuh kepada orang lain. 
 

11. Lokasi Liburan yang Dipilih juga Dipengaruhi oleh Kepribadian Kita. 

Lagi-lagi penelitian yang dilakukan dapat membedakan pilihan liburan dengan sangat signifikan. Hasil menunjukkan bahwa para individu yang ekstrovert akan lebih suka berlibur ke pantai atau tempat-tempat yang membangkitkan gairah. 
 
Sedangkan, para individu introvert akan lebih menyukai lokasi liburan yang lebih tenang dan tentram. Contohnya, mendaki gunung dan berkemah di hutan. 
 
Nah, itu dia 11 fakta mengejutkan tentang kepribadian manusia yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk mengenal orang lain dengan lebih baik lagi. Mengenal orang lain dengan lebih baik akan mempermudah kita dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Yuk, mulai dari sekarang kita belajar berkomunikasi melalui 11 fakta mengejutkan di atas. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice