×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Meningkatkan Kinerja Otak
Self Improvement

3 Cara Meningkatkan Kinerja Otak

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Penasarankah Anda melihat hal terbaik yang dapat Anda lakukan? Yah, seharusnya begitu. Manusia sangat terprogram untuk memahami segalanya, baik atau buruk. Sebagian besar aktivitas penggerak otak tidak akan membuat Anda berada dalam sebuah kotak. Mungkin saja Anda akan mendapatkan pertunjukan besar berikutnya. Jadi, biarkan rasa ingin tahu Anda berjalan bebas, dimulai dengan industri yang Anda geluti saat ini.
 
Siapa yang tidak ingin menjadi orang terpintar di sebuah ruangan, atau di kantor? Ini sangat mudah dilakukan. Ikutilah info terbaru tentang hal yang terjadi di industri Anda dengan meneliti blog dan buletin. Pastikan untuk berlangganan situs tersebut sehingga Anda mendapatkan pemberitahuan dari postingan baru, atau biasakan untuk masuk dalam akun Anda setiap minggu. Dan, carilah pemimpin pemikiran yang secara teratur menulis tentang topik yang relevan dengan minat Anda, dan Anda juga dapat mengikuti mereka di LinkedIn.
 
Jika Anda adalah seorang yang baru dalam sebuah industri, menjelajahi media sosial menggunakan kata kunci untuk menemukan akun yang tepat untuk diikuti, terhubung dengan jaringan alumni perguruan tinggi, dan bergabunglah dengan grup Facebook yang berfokus pada bidang Anda.
 
Klien dan rekan kerja akan menghargai pembahasan akan pembaruan industri dan topik lainnya yang menarik. Selain itu, Anda akan mulai terlihat sebagai pemimpin pemikiran dalam hak Anda sendiri. Sekarang setelah Anda berada di industri Anda sendiri, berikut adalah tiga cara untuk mengambil langkah lebih jauh dan mendorong Anda untuk terus belajar guna meningkatkan karier Anda.

1. Makan Siang dan Belajar

Tunggu. Belajar pada jam makan siang Anda? Ketika Anda bisa memposting gambar, membuka akun Instagram, atau hanya bersantai dan bersantai? Ini mungkin terdengar seperti pekerjaan rumah, tetapi memanfaatkan istirahat makan siang Anda untuk belajar adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan produktivitas, dan itu bisa menyenangkan juga.
 
Jika atasan Anda belum menawarkan Anda untuk belajar sebuah program, itu adalah kesempatan besar bagi Anda untuk membantu membentuk bagaimana program-program itu akan terlihat. Misalnya, Anda dapat membuat sebuah program pelatihan yang sederhana dan terjangkau dan dapat meningkatkan keahlian setiap orang. Cobalah menyarankan perusahaan Anda untuk memanfaatkan sumber daya alamnya, yaitu karyawan dengan keahlian yang beragam daripada harus membayar pembicara ahli. Ini akan membuat perusahaan Anda dapat menawarkan peluang pertumbuhan. Tentunya semua orang ingin melihat talenta tersembunyi pada setiap karyawan yang ada di perusahaan Anda.
 
Tentu saja, ada cara lain untuk mempelajari keterampilan baru. Jika atasan Anda tidak memiliki waktu makan siang formal (yang dihadiri oleh semua karyawan), Anda dapat mengaturnya sendiri. Carilah rekan kerja yang mahir dalam bidang yang Anda minati. Nyatakan minat Anda untuk berbagi satu atau dua sesi santai, dan tawarkan rekan Anda untuk membawakan materinya.
 

2. Gunakan Gadget dengan Tujuan

Jika Anda lebih suka jam makan siang yang lebih menyendiri dengan ponsel atau tablet Anda, tahan Facebook selama beberapa minggu dan cobalah unduh seperti SoloLearn, aplikasi gratis yang akan memandu Anda melalui dasar-dasar pengodean.
 
Sudah menjadi seorang programmer profesional? Tingkatkan pemasaran Anda sebagai aset kreatif dengan menguasai aplikasi desain. Anda dapat membangun situs web langsung di Android menggunakan Infinite Design, atau mengunduh Universe di iPhone Anda dan menguji keterampilan Anda dengan grafik.
 
Anda juga dapat mendaftar kursus online gratis dalam topik yang beragam seperti keamanan cyber dan analisis pemasaran. Anda selalu memiliki peluang dengan telepon di genggaman Anda. Nantinya, otak Anda akan berterima kasih atas kebiasaan baru.
 

3. Berpikirlah di Luar Kotak

Ini bukan tentang belajar untuk bekerja. Pelajar seumur hidup tidak secara eksklusif mempelajari subjek yang terkait langsung dengan pekerjaan atau industri mereka. Mereka menjelajahi bidang lain di luar bidang yang dapat memberi mereka rasa hormat dari rekan dan atasan. Cobalah keluar dari setiap pemikiran-pemikiran yang Anda miliki selama ini. Bereksplorasilah dengan hal=hal lain yang belum pernah Anda coba. Anda akan terkejut betapa sebuah pemikiran di luar kotak mampu membuat Anda lebih hidup. 
 
Semakin banyak keterampilan dan bidang yang Anda kuasai, semakin Anda akan meningkatkan kinerja otak Anda secara maksimal.  Tantanglah diri Anda untuk selalu meningkatkan kualitas Anda dalam setiap hal. 

Featured Career Advice