×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Memanfaatkan Waktu Makan Siang
Productivity

5 Cara Memanfaatkan Waktu Makan Siang

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Bagaimana biasanya rekan pembaca menghabiskan waktu makan siang? Apakah dengan menghabiskan makan siang di depan komputer atau menghabiskan makan siang di luar meja kerja, bahkan di luar kantor? Jika rekan pembaca selalu menghabiskan makan siang di meja kerja, ini saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan tersebut.  
 
Waktu makan siang adalah waktu yang diberikan untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Itulah sebabnya, sebagai pekerja, kita diberikan waktu untuk beristirahat. Jika kita tidak menggunakan waktu makan siang dengan cara yang tepat, itu dapat memengaruhi kesehatan. 
 
Menghabiskan waktu berjam-jam di meja kerja dalam posisi duduk dapat menyebabkan sakit punggung. Nah, cobalah untuk mengganti rutinitas ini dengan hal-hal yang lebih menyenangkan dan juga menyehatkan. 
 
Memanfaatkan waktu makan siang dengan kegiatan yang lebih menyenangkan akan dapat mengurangi stres, kecemasan dan mencegah kita mengalami kebuntuan. Saat kita beristirahat dan menjauhkan diri dari pekerjaan, secara tidak sadar kita sedang mengistirahatkan dan mengisi ulang kekuatan otak sehingga menjadi lebih segar dan siap untuk kembali bekerja. 
 
Rata-rata, kita memiliki waktu 1 jam makan siang. Jika dapat memanfaatkan waktu ini dengan baik, kita akan mampu mengembalikan motivasi. Kita juga akan mampu untuk kembali produktif dalam pekerjaan. Jadi, menghabiskan makan siang di meja kerja bukanlah pilihan yang tepat untuk dilakukan.
 
Rekan pembaca mungkin bertanya-tanya kegiatan apa yang dapat dilakukan saat waktu makan siang. Kali ini, kita akan membahas 5 cara memanfaatkan waktu makan siang. Kita akan melihat kegiatan apa yang dapat dilakukan dalam selang waktu 1 jam tersebut sehingga dapat kembali termotivasi dan bersemangat dalam menjalani sisa hari.
 

1. Meningkatkan kemampuan diri.

Cara memanfaatkan waktu makan siang yang pertama adalah dengan meningkatkan kemampuan diri. Jika ingin membuat kemajuan dalam perjalanan karier, kita dapat memanfaatkan waktu makan siang untuk meningkatkan kemampuan diri. Bagaimana caranya? Cobalah untuk membaca buku, mendengarkan podcast, bergabung dengan kelas pembelajaran online atau mempelajari bahasa baru. Eits, jangan lupa untuk memilih tempat yang tepat ya, seperti pergilah ke sebuah taman, ruangan untuk bersantai, kafe atau tempat lainnya yang nyaman dan tenang. Dengan begitu, kita akan dapat berkonsentrasi penuh dalam meningkatkan kemampuan diri. 
 

2. Bergerak. 

Cara memanfaatkan waktu makan siang yang kedua adalah dengan bergerak. Ini merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan. Kita menghabiskan hari dengan duduk dan menatap layar komputer. Jadi, lakukan beberapa peregangan tubuh sederhana secara rutin agar tubuh kita tetap sehat dan bugar, misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor atau bahkan pergi ke tempat gym dan hiruplah udara segar. Dengan begitu, kita akan kembali berenergi dan bersemangat.

3. Menyelesaikan tugas.

Cara memanfaatkan waktu makan siang yang ketiga adalah dengan menyelesaikan tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan pada malam hari atau mungkin di akhir pekan. Ini membuat kita bergerak dan berjalan meninggalkan meja kerja.
 
Semakin banyak tugas yang diselesaikan, semakin kita memiliki waktu yang lebih untuk bersantai sehingga waktu malam hari dan akhir pekan yang dimiliki dapat digunakan untuk melakukan kegiatan yang membuat kita rileks. Selain itu, kita mungkin dapat menggunakan waktu luang tersebut untuk melakukan kegiatan yang disukai, mengikuti kegiatan sukarela dan membangun hubungan sosial dengan keluarga, teman atau orang terdekat lainnya.
 

4. Memanjakan diri.

Cara memanfaatkan waktu makan siang yang keempat adalah dengan memanjakan diri. Waktu makan siang adalah waktu untuk beristirahat. Jadi, kita tidak perlu produktif dalam waktu tersebut.
 
Temukan hal yang membuat rekan pembaca dapat merasa senang dan santai. Itu bisa saja pergi ke restoran kesukaan, mendengarkan musik, menonton serial drama tertentu, pergi ke salon terdekat untuk melakukan manicure dan pedicure atau bahkan melakukan massage juga dapat menjadi pilihan tepat untuk memanjakan diri. Wah, menyenangkan sekali, bukan? Memanjakan diri sendiri akan membuat kita merasa lebih baik dan lebih segar sehingga akan lebih siap untuk kembali ke meja kerja dan melanjutkan pekerjaan.
 

5. Melakukan kencan makan siang.

Cara memanfaatkan waktu makan siang yang kelima adalah dengan berkencan. Kita dapat menghubungi pasangan, sahabat atau rekan kerja untuk menghabiskan makan siang bersama. Buatlah janji dengan mereka dan tentukan satu tempat makan yang menyajikan hidangan lezat dengan suasana tempat yang nyaman. Ini merupakan kesempatan untuk saling bercakap-cakap, membagikan cerita atau bahkan membicarakan hal-hal ringan yang menyenangkan. Dengan menghabiskan makan siang bersama orang-orang yang dikasihi, akan mampu mengistirahatkan pikiran dari hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan yang mungkin membuat pikiran kita lelah dan jenuh. 
 
Selain itu, menghabiskan makan siang dengan orang-orang yang dikasihi juga dapat meningkatkan hubungan sosial. Tentu saja, hubungan sosial yang baik dapat membantu kita dalam memajukan karier. Jadi, jangan ragu untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang saat waktu makan siang ya, rekan pembaca.
 
Itulah 5 cara memanfaatkan waktu makan siang. Bagaimana, menarik bukan? Pergi ke tempat gym, ke salon atau bertemu orang-orang yang dikasihi dapat menjadi alternatif bagi rekan pembaca dalam menghabiskan waktu makan siang. Namun, semuanya bergantung pada diri sendiri. Yang terpenting adalah rekan pembaca dapat memastikan bahwa Anda menghabiskan waktu makan siang dengan cara yang lebih sehat dan lebih membahagiakan agar tetap bersemangat dan produktif dalam melanjutkan sisa jam kerja.

Featured Career Advice