×
STUDILMU Career Advice - 8 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Menyenangkan
Productivity

8 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Menyenangkan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Kita semua tahu bahwa mengadakan sebuah rapat kerja yang produktif merupakan hal yang tidak mudah. Tetapi bagaimana jika sebenarnya setiap anggota tim Anda dapat berpartisipasi sejak awal rapat kerja dimulai? Pada artikel ini kita akan membahas 8 cara seru untuk membuat rapat kerja yang Anda selenggarakan menjadi lebih menyenangkan.
 

1. Mulailah dengan lelucon dan minta yang lain melakukannya juga. 

Emosi positif di tempat kerja akan membawa hasil yang lebih baik dalam kehidupan dan juga bisnis. Ini benar. Menurut penelitian, karyawan yang bahagia akan 12% lebih produktif daripada yang tidak. Anda pasti menginginkan lingkungan kerja yang penuh dengan orang-orang yang memiliki pikiran bahagia. Bagaimana mewujudkannya? Mulailah rapat dengan cara yang positif dan yang lainnya akan mengikuti. 
 
Cobalah membuka rapat dengan sebuah lelucon. Mengapa? Karena lelucon membutuhkan sebuah keterampilan bercerita. Dan menurut ilmu pengetahuan bercerita adalah cara terbaik untuk menggetarkan orang lain. Orang mudah untuk mengingat cerita dan mereka akan terlibat dalam cerita tersebut. dan juga, humor adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan Anda dengan pasti.
 
Apa hasilnya? Pertama Anda akan berhasil membuat rekan kerja tertawa. Mereka juga akan merasa nyaman untuk saling berbagi dengan yang lain. 
 
Anda mungkin bertanya, ‘Bagaimana saya dapat membuat lelucon tersebut?’ Berikut adalah 3 cara untuk memulainya.
- Bersikaplah santai dan yakinlah bahwa lelucon yang akan diberikan merupakan suatu hal yang lucu. Jika Anda merasa canggung, yang lain juga akan merasa canggung. Jika Anda tersenyum dan merasa bahagia, orang lain juga akan tersenyum kepada Anda.
- Pertimbangkan intonasi suara Anda. intonasi yang monoton akan menimbulkan kebosanan. Jadi mainkan intonasi suara Anda.
- Mulailah lelucon dengan bercerita tentang diri Anda sendiri. Ini akan membuat orang lain terhubung dengan Anda. atau Anda langsung menyebutkan bagian yang paling lucu. Lakukan sesuatu yang tidak biasa.
 

2. Keluar dari kebiasaan dan lakukan hal yang tidak terduga.

Rutinitas yang dilakukan setiap hari akan terasa menjadi sebuah kewajiban. Apakah Anda memiliki pertemuan rutin setiap minggu atau setiap bulannya? Kalau ya, cobalah pikirkan cara yang dapat membuat rutinitas itu menjadi suatu hal yang tak terduga. Anda mungkin membutuhkan keterlibatan setiap orang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan,
- Berjalan pagi
- Bermeditasi selama 10 menit
- Lakukan yoga untuk meregangkan otot-otot selama beberapa menit.
- Adakan rapat di dekat kedai kopi
 
Keluarlah dari kebiasaan dan rutinitas yang Anda miliki. Tim Anda akan menjadi lebih terlibat dalam rapat tersebut dan mereka juga akan menghasilkan sudut pandang yang baru. Ini juga akan meningkatkan kreativitas setiap anggota tim. Anda akan terkejut dengan ide-ide yang mereka sampaikan di rapat nantinya.

3. Bermain.

Ini adalah ide yang menarik. Bagaimana jika Anda dan tim Anda duduk bersama dan memainkan sebuah permainan? Jika semua orang bermain selama rapat, ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan. Mereka akan menjadi lebih santai dan lebih mudah untuk berpikir, menghilangkan stress dan meningkatkan fokus. 
 
Seperti yang dikatakan ilmu pengetahuan, gunakan lah bola, pulpen berwarna, kertas atau buku gambar. Atau Anda bisa mencoba level yang lebih tinggi seperti menggunakan puzzle atau dengan lego. Puzzle dan lego merupakan permainan asah otak yang memiliki manfaat tersembunyi. Menurut penelitian, seseorang akan berpikir bahwa ia harus menyelesaikan pekerjaannya ketika ia telah memulainya. 
 
Bagaimana Anda dapat menerapkan ini dalam rapat kerja? Biarkan rekan kerja Anda melakukan satu hal spesifik selama beberapa pertemuan. Peserta rapat kerja akan merasa bahwa mereka harus datang ke rapat kerja tersebut karena mereka memiliki sesuatu yang harus diselesaikan. Lalu, bagaimana dengan Anda? Anda akan menjadi lebih bersemangat melihat semangat setiap peserta rapat kerja yang datang.
 

4. Bagikan kesuksesan mereka.

Mulailah rapat dengan membagikan keberhasilan rekan kerja Anda. ini akan membuat setiap peserta rapat kerja memerhatikan Anda. bagikan hal-hal baik yang berhasil dicapai dalam satu minggu atau satu bulan. Misalnya, bicarakan sebuah proyek yang sukses atau berterimakasihlah kepada orang yang selalu membuat Anda tersenyum. Ini terdengar sederhana tetapi Anda sedang membangun kedekatan di antara setiap orang.
 

5. Tantang pekerjaan mereka.

Karyawan akan merasa bahagia ketika mereka mera tertantang. Tantanglah mereka di awal pertemuan. Mulailah rapat kerja dengan sebuah pertanyaan. Ini dapat merupakan pertanyaan seputar masalah yang dihadapi perusahaan atau masalah yang dihadapi individu. 

6. Mulai rapat dengan pesan yang menginspirasi

Untuk membuat perbedaan, mulailah rapat kerja dengan kata-kata motivasi yang menginspirasi setiap orang. Ini akan membuat setiap orang lebih memerhatikan Anda. Anda dapat memutarkan video atau menyampaikan kutipan inspirasi di awal Anda memulai rapat. 

7. Mulailah dengan icebreaker.

Cara lain membuat rapat kerja agar lebih menyenangkan adalah dengan icebreaker. Ini akan membuat setiap peserta merasa tenang dan menstimulasi pengambilan keputusan. Icebreaker juga merupakan hal yang baik untuk membangun tim. Cobalah untuk mencari kegiatan icebreaker yang tepat bagi tim Anda.  
 

8. Jadikan rapat kerja sebagai ‘Happy Hour’

Ini terdengar asing karena Anda tahu happy hour berkaitan dengan hal-hal yang menyenangkan saja. Tetapi, Anda juga bisa menjadikan rapat kerja sebagai waktu untuk melakukan happy hour. Mulailah rapat kerja dengan topik yang terpenting dalam agenda. Ini merupakan saat dimana setiap orang masih memiliki semangat yang tinggi. Dan ketika semangat mereka mulai menurun, lakukan kegiatan kelompok yang mengharuskan setiap orang terlibat didalamnya. Ini akan memberikan kebahagian dan juga menciptakan kedekatan satu dengan yang lainnya.
 
Itulah 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat rapat kerja Anda tidak lagi menjadi hal yang membosankan. Selamat mencoba rekan pembaca Career Advice. 

Featured Career Advice