×
STUDILMU Career Advice - 8 Cara Mengatasi Insomnia
Self Improvement

8 Cara Mengatasi Insomnia

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Apakah rekan pembaca merupakan penderita insomnia? Menurut data, insomnia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi 60 juta orang. Dan untuk itulah artikel ini akan membahas cara mengatasi insomnia dengan pengobatan alami yang akan berguna bagi rekan pembaca penderita insomnia.

Apa itu insomnia?

Insomnia pada dasarnya adalah ketidakmampuan untuk dapat dan tetap tertidur. Para peneliti mulai mengenali insomnia sebagai masalah dari otak Anda yang tidak dapat berhenti terjaga. Insomnia disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin terlibat dalam ketidakmampuan Anda untuk tidur, seperti:
- Kondisi kejiwaan dan medis
- Zat khusus
- Faktor biologis
- Makanan (alkohol, kafein, nikotin, makanan berat larut malam dll)
- Depresi dan kecemasan
 

Mengapa kita sangat membutuhkan tidur?

Tidur adalah waktu yang digunakan tubuh memperbaiki dan meremajakan dirinya sendiri. Ini juga merupakan waktu di mana pikiran menyimpan semua yang terjadi pada hari itu untuk menciptakan kenangan. Meskipun Anda tertidur, tubuh Anda tetap melakukan proses berbeda yang sangat penting untuk menjaga Anda tetap hidup dan sehat. Ketika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, Anda akan mengalami masalah besar. Ketika Anda menghilangkan waktu tidur Anda, Anda dapat meningkatkan hormon stres, terutama kortisol. 
 
Dan bagaimanakah seorang penderita insomnia dapat mengatasi masalah sulit tidur yang dimiliki? Berikut adalah 8 cara mengatasi insomnia yang dapat rekan pembaca lakukan. 
 

1. Tidur lebih awal

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan tidur lebih awal. Ini mungkin terdengar mudah. Tetapi, Anda harus benar-benar mengatur jam tidur sejam lebih awal. Anda mungkin merasa bahwa insomnia membuat Anda sulit tidur dan mengharuskan begadang. Paksa diri Anda untuk tidur karena Anda harus memberi tubuh kesempatan untuk melakukan proses yang dibutuhkan.
 

2. Buat jadwal kegiatan sebelum tidur dan patuhi.

Cara mengatasi insomnia yang kedua adalah dengan membuat jadwal kegiatan dan mematuhinya. Ahli tidur mengatakan ini adalah hal yang paling penting untuk membantu tubuh Anda tidur. Tubuh Anda sangat membutuhkan rutinitas dan struktur. Rutinitas utama di malam hari adalah tubuh Anda menyadari bahwa tidur akan segera terjadi. Mungkin Anda dapat mencoba mandi air hangat, kemudian membaca atau menulis jurnal dan mendengarkan musik santai. Hal yang utama adalah membuat rutinitas apa pun pada waktu yang sama setiap malamnya.
 

3. Singkirkan elektronik Anda.

Ini mungkin merupakan akar dari banyak masalah tidur orang termasuk Anda. Cara mengatasi insomnia yang ketiga adalah dengan menyingkirkan elektronik. Alat elektronik memancarkan cahaya biru yang benar-benar mengganggu otak. Cahaya biru membuang ritme sirkadian Anda dan mencegah otak melepaskan melatonin yang sangat penting dalam tidur. Saat Anda menggunakan elektronik atau lampu yang terang di malam hari, otak Anda akan memiliki rasa yang sama ketika Anda berdiri di luar pada siang hari yang cerah. Jadi, mulai untuk menghilangkan atau mengurangi penggunaan layar 1 hingga 2 jam sebelum Anda ingin tidur.

4. Berolahraga

Cara mengatasi insomnia yang keempat adalah dengan berolahraga. Orang yang berolahraga secara teratur akan memiliki waktu tidur yang lebih baik. berolahraga selama 30 menit selama 3 hingga 4 kali seminggu dapat membantu memerangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Cobalah untuk berolahraga lebih awal di pagi hari. Ketika Anda berolahraga lebih awal, ini membantu untuk secara alami menggunakan ritme sirkadian Anda dan itu berarti tubuh Anda akan memiliki waktu tidur yang alami.
 

5. Dapatkan sinar matahari.

Cara mengatasi insomnia yang kelima adalah dengan mendapatkan sinar matahari. Matahari memaksa Anda untuk bangun dan membuat tubuh Anda menyadari waktu dalam hari itu. Ini membangunkan hormon dan memungkinkan jam tubuh Anda untuk melepaskan melatonin yang lebih baik di malam hari ketika Anda membutuhkannya. Pada dasarnya sinar matahari hari memberitahu tubuh Anda kapan harus bangun dan kapan harus merasa lelah.
 

6. Gelapkan kamar

Cara mengatasi insomnia yang keenam adalah dengan menggelapkan kamar. Menggelapkan kamar memberitahu tubuh bahwa hari telah selesai. Kegelapan juga membantu tubuh mengeluarkan melatonin yang tidak bisa dilakukan jika selalu ada cahaya terang yang menembus mata Anda.
 

7. Hindari kafein.

Cara mengatasi insomnia yang ketujuh adalah dengan menghindari kafein. Efek nyata dari kafein berkisar 10 hingga 20 menit bahkan dapat bertahan 2 hingga 3 jam. Kafein memiliki apa yang disebut 'kehidupan' yang dapat memperpanjang efeknya pada aliran darah Anda. Dampaknya kemungkinan dapat dirasakan 6 jam atau lebih. Jadi, jika Anda minum kopi pada pukul 4-5 sore, ini mungkin sebabnya Anda tidak bisa tidur jam 11 malam itu.
 

8. Jaga kamar tetap dingin

Cara mengatasi insomnia yang kedelapan adalah dengan menjaga suhu kamar tetap dingin. Suhu tubuh mengalami penurunan ketika tidur. Menjaga suhu ruangan tetap dingin dapat mendorong tubuh Anda untuk tidur, dan tetap tertidur, lebih cepat. Pastikan juga Anda memilih sprei yang tepat. Sprei Anda harus terasa sejuk saat disentuh saat Anda berbaring agar Anda merasa nyaman dan cepat terlelap. 
 
Itulah 8 cara mengatasi insomnia yang dapat rekan pembaca lakukan. Tidur memiliki peranan penting bagi tubuh Anda. tubuh yang sehat akan membantu Anda memiliki produktivitas yang tinggi dalam karier Anda. So, mulailah untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan buat diri Anda terbiasa. Jangan sampai insomnia menjadi penghambat kesuksesan Anda ya rekan pembaca.

Featured Career Advice