×
STUDILMU Career Advice - Sumber dan Faktor yang Menghilangkan Gairah Kerja
Motivation

Sumber dan Faktor yang Menghilangkan Gairah Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Gairah tidak akan muncul dengan sendirinya, ia bukanlah hal alamiah yang secara tiba-tiba muncul di dalam tubuh seseorang. Oleh karena itu, pastilah ada sumber atas munculnya gairah tersebut. Sumber gairah itu sendiri bisa dikatakan menjadi faktor eksternal dari seseorang tersebut. Artinya, sumber-sumber ini dapat meningkatkan gairah jika internal seseorang tersebut memiliki motivasi untuk bekerja juga. Berikut adalah sumber-sumber gairah kerja (Sinamo, 2011):

1. Hasil pekerjaan itu sendiri

Hasil pekerjaan adalah buah manis yang dapat menyenangkan hati para pekerja. Ketika petani panen, pegawai gajian, negosiator meng-gol-kan proyek dan lain sebagainya itulah menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi para pekerja. Momen itu juga yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Kita dapat membayangkan senyum lebar dari wajah para petani ketika panen atau wajah karyawan ketika gajian. Dan tentunya momen inilah yang menjadi salah satu sumber dari gairah. Ketika hasil dari pekerjaan itu dapat dinikmati, maka gairah kerja pun akan muncul kembali agar mendapatkan hasil dari pekerjaan tersebut. 
 

2. Pekerjaan menyediakan status sosial

Sebagai makhluk sosial, status sosial merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Tanpa adanya status sosial, jelas sulit orang untuk berhubungan satu dengan yang lainnya. Pekerjaan itu sendiri menyediakan status sosial yang tentunya sangat bermakna bagi manusia. Ketika kita bekerja, maka ada perbedaan status sosial dengan mereka yang belum bekerja. Dengan demikian, maka gairah kerja akan semakin meningkat seiring dengan status sosial yang didapat dari pekerjaannya tersebut. 
 

3. Pekerjaan menyediakan identitas psikis

Identitas psikis dapat membangun kepercayaan diri seseorang. Ketika orang berkenalan, informasi pertama yang ditukarkan selain nama adalah pekerjaan. Bahkan, beberapa orang menyatukan nama dan pekerjaan menjadi satu kesatuan ketika berkenalan. Dengan demikian, rasa percaya diri dari seseorang tersebut bisa membangkitkan gairah kerja orang tersebut.

Featured Career Advice