×
STUDILMU Career Advice - Berpenampilan Profesional Saat Work From Home
Self Improvement

Berpenampilan Profesional Saat Work From Home

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

2. Posisi kamera sejajar dengan wajah

Semua bagian wajah pastikan terlihat dengan jelas setidaknya sampai bagian dada. Untuk wanita jangan lupa untuk berdandan karena penampilan langsung berbeda dibandingkan berada di dalam kamera. Dandan dengan agak tebal tapi tetap terlihat natural dibandingkan sebelumnya, karena di depan kamera akan terlihat pucat jika Anda tidak dandan atau terlalu tipis. Pastikan juga rambut Anda tertata rapi, jangan menutupi wajah dan rambut tidak lepek.

3. Pilih latar belakang yang tepat

Jangan gunakan latar belakang dengan virtual background yang terlalu lucu, unik atau bahkan aneh ketika sedang meeting dengan para atasan dan klien atau meeting yang bersifat formal. Tidak masalah jika ingin menggunakan latar belakang dengan virtual background yang lucu atau unik jika itu merupakan video conference informal. Jika Anda tidak menggunakan virtual background, maka pilihan latar belakang tembok polos mungkin menjadi pilihan tepat untuk video conference. Jika bisa, hindari latar belakang di mana para anggota keluarga bisa berlalu-lalang di belakang Anda, atau latar belakang dengan barang yang menumpuk atau kurang rapi yang membuat perhatian peserta video conference terpecah dan Anda terlihat kurang profesional.

4. Gunakan atasan yang rapi

Menggunakan atasan rapi, tapi bawahan celana pendek? Mungkin hal ini sering sekali Anda lakukan ketika video conference. Tidak dapat dipungkiri ketika sedang bekerja remote atau bekerja di rumah, kenyamanan menjadi hal yang utama sehingga terkadang Anda memperlihatkan penampilan profesional hanya pada bagian yang terlihat. Tidak ada salahnya untuk tetap mengenaka atasan yang rapi, seperti kemeja tetapi menggunakan celana pendek untuk di rumah. Tapi pastikan bahwa selama video conference Anda tidak harus pergi ke mana-mana atau mengambil sesuatu yang membuat Anda harus berdiri. Sehingga tidak masalah untuk menggunakan bawahan yang Anda biasa gunakan di rumah, tapi tetap pastikan atasan Anda, wajah Anda dan rambut Anda tertata dengan rapi.

5. Perhatikan aplikasi video conference yang digunakan

Dilansir dari artikel New York Times berjudul “How to Pull Off a Professional Video Call From Home”, selain penampilan, pencahayaan dan latar belakang Anda. Perhatikan juga setting-an video conference yang akan digunakan, seperti Zoom atau Google Meet. 

Featured Career Advice